YPPK telah hadir menyalakan Obor Pendidikan bagi Suku-suku Pribumi Papua

 

Para peserta Webinar YPPK Dalam Rangka Diesnatalis YPPK Fransiskus Asisi ke-47, yang dilaksanakan selama dua hari 6-7 Agustus 2021, pekan kemarin. (Silvester For Cepos)

 

* YPPK Fransiskus Asisi Gelar Webiner Dalam Rangka Diesnatalis ke-47

JAYAPURA-Dalam rangka Diesnatalis YPPK Fransiskus Asisi Ke-47 tahun 2021 YPPK Fransiskus Asisi melaksanakan Webinar.
Direktur YPPK Kota/Kabupaten Jayapura Silvester Lobya, dalam sambutan pembukaan Webinar dalam rangka Diesnatalis YPPK Fransiskus Asisi Papua ke-47, mengajak para peserta wibinar Guru dan Pegawai dilingkungan YPPK untuk menaikan  puji dan syukur ke hadhirat Tuhan Yang Maha Kuasa  yang telah memberikan limpahan rahmat, sehingga kegiatan wibinar memperingati Dies Natalis YPPK Ke-47 dapat terlaksana.

Menurut Silvester perjalanan usia 47, bahkan lebih dari usia itu,  YPPK telah hadir menyalakan obor pendidikan bagi suku-suku pribumi Papua, maka sebagai salah satu Yayasan tertua di Papua, diyakini telah mencapai berbagai prestasi yang diraih oleh sekolah YPPK.
Kendati disisi lain, harus diakui bahwa di disejumlah sekolah dipedalaman hingga kini masih dihadapkan pada persoalan klasik seperti ; ketenagaan guru, sarana dan prasara pendidikan yang terbatas dan macam- macam persoalan yang begitu kompleks, namun demikian ditengah kesulitan dan keterbatasan yang ada YPPK terus berjuang memberi yang terbaik dan itu patut kita bersyukur atas limpahan karunia ini serta tentunya ucapan terima kasih bagi seluruh Guru Pegawai, para siswa  di lingkungan YPPK yang telah berkontribusi dalam mencapai prestasi sekarang ini.

“Webinar dalam memperingati Dies Natalis YPPK ke-47 mengambil tema “menggugah hati, menyamakan visi, melakukan tindakan menuju anak Papua yg cerdas berkarakter dan berilmu sebagaimana visi pendidikan YPPK yakni menjadikan sekolah YPPK unggul dan terpercaya yang dapat melahirkan generasi bermutu’beriman dan bermoral sesuai terang Injil,”katanya.

Dijelaskan, tema ini diambil untuk memperteguh komitmen YPPK sebagai salah satu Lembaga Pendidikan  di Papua yang mempunyai peran strategis dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan nasional dengan menciptakan Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang unggul, kreatif, inovatif, takwa, mandiri, dan cendikia.

Diatas fundasi yang diletakan itulah, maka YPPK senantiasa berupaya meningkatkan berbagai layanan baik secara internal maupun eksternal. Baik dalam situasi normal maupun selama masa pandemi ini.  Peningkatan layanan pendidikan sekolah, yang selama ini menjadi arah perhatian YPPK adalah dengan menyediakan fasilitas sarana komputer,pelatihan penggunaan aplikasi, pembuatan Vidio belajar dan berbagai layanan berupa bantuan kuota dari pemerintah,  dan berbagai layanan untuk mendukung PJJ agar guru siswa tetap aktif. Peningkatan layanan eksternal juga dilakukan dengan membangun kemitraan dengan berbagai institusi.

Silvester Lobya menegaskan bahwa
kegiatan wibinar dilakukan  dengan prinsip  kepedulian karena masih dalam keprihatinan pandemi Covid-19. Oleh karena itu Kegiatan Wibinar  diharapkan nantinya dapat kembali menggerakan aktivitas para guru dalam mempersiapkan materi bahan ajar menghadapi kegiatan secara daring dan luring. Sementara tujuan besar yang hendak dicapai dari kegiatan ini yakni bertujuan menyamakan visi pendidikan kita bersama menghadapi tantangan pendidikan abad 21.

Diakui, ada dua hal penting menjadi arah refleksi YPPK adalah pendidikan Katholik harus mampu menyeimbangkan anatar soff skill dan hard skill. Soff sklill menyangkut pada tatanan nilai, sikap prilaku yang mesti menjadi arah dalam pembentukan peserta didik, dan tidak kalah pentingnya adalah ilmu pengetahuan, inovasi belajar yang mesti terus dilakukan. salah bentuk dengan wibinar pelatihan semacam ini. Direktur YPPK mengakhiri sambutan menyampaikan bahwa
Kegiatan Wibinar yang berlangsung selama 2 hari yakni 6-7 Agustus 2021 dihadiri oleh 303 peserta Guru dan Pegawai dan perwakilan dari wilayah & hadir sebagai pembicara berasal dari kalangan akademisi , praktisi, kaum profesional sebagai berikut DR. Leo Laba Ladjar Uskup Keuskupan Jayapura selaku Pembina YPPK FA berhalangan hadir dan diwakilkan kepada Ibu Veronika Indiastuti ,M.PD Wakil Ketua Badan Pengurus YPPK Fransiskus Asisi Papua. DR. IR. Apolo Safanpo, ST,MT Rektor Universitas Cendrawasih & juga sebagai Alumni pendidikan YPPK.Ketua Majelis Nasional Pendidikan Katholik, DR.Rm.Darmin Vincentius Mbula, OFM, Doni Koesoema A.M.Ed (Anggota BSNP) Kebijakan Pemerintah ttg Assessment pendidikan nasional. Dr. Enny Kuswati, M.Pd.
Narasumber Tingkat Nasional Kementrian Ristek Diknas pada bidang Sekolah Penggerak akan
memperkenalkan soal2 AKM yg berbasis pada Literasi dan Numerasi dan memperkenalkan  soal2 berbentuk HOTS dalam level kognitif C4,C5,C6.

Mengakhiri sambutan ini, mewakili segenap unsur Yayasan dan Komunitas Pendidikan YPPK mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan semua pihak yang telah berkenan mendukung &  hadir pada acara wibinar dalam rangka Dies Natalis ke-47. Semoga YPPK semakin sukses dan berjaya.(dil).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *