Miliki Venue Megah, Papua Wajib Ciptakan Atlet Handal

Venue Aquatik Kampung Harapan yang berada di Sentani, Kabupaten Jayapura. (Erik / Cepos)

PON 2021 Papua
JAYAPURA – Selama ini Papua selalu dijuluki sebagai gudangnya atlet potensial. Sayangnya, makin ke mari, identitas tersebut mulai pudar. Papua justru kehilangan taringnya. Hanya beberapa atlet yang mampu konsisten mempertahankan sebutan tersebut.

Tapi pasca PON XX 2021, Papua digadang-gadang akan menjadi pusat pembinaan olahraga wilayah timur. Pasalnya, setelah pelaksanaan event olahraga nasional empat tahunan tersebut, pembinaan olahraga di Bumi Cenderawasih akan didukung oleh fasilitas olahraga yang sangat mumpuni.

Tak tangung-tangung, venue dan peralatan yang disiapkan untuk mendukung hajatan PON XX 2021 memiliki standar dunia. Tentu, setelah PON XX, Papua sudah memiliki sarana penundukung yang sangat memadai dalam menciptakan atlet-atlet prestasi.

Bahkan, Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR, Dina Kusumastuti berharap, dengan keberadaan venue-venue bertaraf internasional kian memacu semangat para atlet Papua untuk bisa berbicara lebih jauh, baik di pentas nasional maupun dunia.

“Semoga venue-venue ini bisa dimanfaatkan oleh pemuda Papua, generasi Papua, atlet Papua yang bisa berlatih di venue-venue agar kita bisa mendapatkan atlet-atlet Papua yang bisa membanggakan secara nasional dan internasional,” ungkap Dian Kusumastuti dalam zoom meeting beberapa hari lalu.

Kusumastuti juga berpesan, agar venue-venue yang sudah dibangun khususnya venue yang bersumber dari APBN (Kementrian PUPR) bisa dijaga dan dimanfaatkan dengan baik demi menunjang kebangkitan prestasi olahraga dari ufuk timur Indonesia.

“Saya mohon apa yang sudah dibangun oleh pemerintah pusat kita harus jaga bersama-sama, karena ini aset yang membanggakan bagi Timur Indonesia,” ujar Kusumastuti.

Sekedar diketahui, pemerintah pusat melalui Kementrian PUPR dalam mendukung pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI telah menyiapkan 7 (tujuh) venue bertaraf internasional. Empat diantaranya telesai dibangun seperti venue Aqautic, Istrora, Cricket dan Hockey. Sementara venue Panahan, Sepatu Roda dan Arena Dayung kini sedang dalam tahap finishing.

“Dalam rangka pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI, Kementrian PUPR memang menyiapkan venue-venue yang bertaraf internasional. Semoga ini bisa dijaga dengan baik,” pungkasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *