Sejumlah Pemilik Mulai Bawa Dokumen Kendaraan

Pemilik kendaraan dengan penyidik Polres Merauke saat mulai mencocokkan nomor rangka kendaraan, Jumat (6/8) kemarin. (Sulo/Cepos )

MERAUKE-Sejumlah pemilik kendaraan yang motornya diamankan oleh Polres Merauke dari 3 kontainer di Pelabuhan Umum Merauke mulai datang membawa dokumen ke penyidik untuk dicocokan dengan rangka motor kendaraan-kendaraan tersebut.
Seperti yang terpantau Cenderawasih Pos, Jumat (6/8) siang kemarin, sebanyak 2 orang yang didampingi penyidik langsung ke tempat puluhan motor yang diamankan tersebut untuk dicocokan nomor kerangka yang ada di STNK dan BPKB dengan yang ada secara fisik di sepeda motor.
Kedua pemilik tersebut mempunyai motor lebih dari 1 unit. “Saya punya dokumen lengkap,” kata dari salah satu pemilik itu memberi alasan. Begitu juga pemilik lainya, mengaku STNK dan BPKP ada. Hanya saja, saat ditanya langsung oleh Kapolres apakah pajak dan STNK masih hidup atau berlaku, pemilik tersebut motor tersebut terdiam.
“Kita bisa bantu asalkan mau. Perpanjang STNK dan bayar pajak dulu. Kasihan kalau pajak tidak dibayar,” kata Kapolres Untung Sangaji.
Kapolres menjelaskan bahwa jumlah kendaraan yang diamankan yakni 48 unit sepeda motor, dimana 1 unit motor dibongkar. Sedangkan 47 unit utuh. Kemudian 3 unit mobil. Kapolres memberi kesempatan kepada para pemilik motor tersebut untuk datang membawa dokumen asli dari kendaraan-kendaraan yang sementara diamankan itu.
“Kita senang kalau mereka datang membawa kelengkapan dokumen dari kendaraan ini, supaya kendaraan-kendaraan ini segera mendapat kejelasan,’’ tandasnya.
Yang dibutuhkan, kata Kapolres, tidak hanya STNK namun juga BPKP. ‘’Dua-duanya harus ada. Kalau misalnya terjadi tunggakan pajak, kita bisa bantu. Bayar pajak dulu baru kita berikan kalau dokumennya lengkap,’’ terangnya.
Ditambahkan, jika nantinya ada diantara kendaraan tersebut yang tidak bisa dibuktikan dengan dokumen lengkap maka kendaraan tersebut dianggap bodong dan orang yang mendatangkan bisa diproses hukum lebih lanjut. Sekadar diketahui, puluhan sepeda motor dan 3 unit mobil tersebut diamankan Polres Merauke dari 3 kontainer di pelabuhan umum Merauke. Barang-barang tersebut didatangkan dari Pulau Jawa. Karena dicurigai bodong, maka kendaraan-kendaraan tersebut langsung di giring ke Mapolres Merauke. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *