Penembakan dan Pembakaran Polsek Nimboran Tetap Diproses Hukum

AKBP Fredrickus Williamson Agusthinus Maclarimboen, S.IK. (Robert Mboik Cepos)

*Enam Saksi Telah Diperiksa*

SENTANI-Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK, memastikan tetap melakukan proses hukum terhadap polisi yang melakukan penembakan, oknu, warga yang mengganggu Kamtibmas serta para pelaku pembakaran Kantor Mapolsek Nimboran.
“Ada 3 kejadian dalam kasus ini, pertama adanya oknum yang mengganggu Kamtibmas yang kemudian ada laporan dan anggota kami turun lapangan hingga terjadinya penembakan itu, kemudian yang kedua kasus penembakan itu sendiri dan yang ketiga kasus pembakaran terhadap Kantor Mapolsek dan penjarahan,”tegas Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK, kepada wartawan di Sentani, Kamis, (6/8), kemarin.
Dia mengatakan, terkait dengan perkembangan kasus yang terjadi di Polsek Nimboran itu, saat ini prosesnya sedang berjalan. Mulai dari personel yang melakukan penembakan terhadap warga, kini sudah diserahkan ke Polda Papua sesuai dengan petunjuk dari Polda untuk diproses di Polda Papua. Begitu juga tentang proses pembakaran kantor polisi. Sementara ini tim sedang berjalan untuk melakukan tahapan pengumpulan bukti dan pemeriksaan terhadap saksi-saksi.
“Kami gabung dengan Polda Papua dalam pengungkapan kasus pembakaran itu sendiri,” katanya.
Lanjut dia, untuk korban penembakan sendiri saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara. Kondisinya saat ini sudah mulai membaik, tinggal menunggu perkembangan pasca operasi.
Dia menegaskan, terkait dengan peristiwa itu, baik pembakaran Mapolsek dan penembakan terhadap warga yang dilakukan oleh oknum polisi, tetap dilakukan proses hukum.
“Saat ini tim sedang melakukan penyidikan dan mengumpulkan keterangan saksi-saksi terkait dengan peristiwa pembakaran itu,” katanya.
Untuk penyelidikan kasus pembakaran Kantor Polsek Nimboran, polisi sudah memeriksa sekitar 6 saksi, rata-rata itu masih dari saksi pihak kepolisian, termasuk ada beberapa masyarakat yang ada di seputaran Mapolsek tersebut. (roy/tho).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *