Edarkan Tembakau Gorila, Tiga Pelaku Dibekuk Polisi

Pelaku pengedar tembakau Gorila saat diamankan oleh petugas Satreskrim Polres Asmat, Kamis (5/8). (Humas Polres for Cepos)

MERAUKE-Tiga pelaku penyalahgunaan Narkotika jenis tembakau sintetis di Agats Kabupaten Asmat berhasil dibekuk oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Asmat, Kamis (5/8). Ketiga pelaku yang dibekuk tersebut yakni Ra (25), MR (21), dan SST (25). Ketiga dibekuk bersama barang bukti.
Kapolres Asmat melalui Kasat Reskrim Iptu Elvis Lambertus Palpialy, S.Sos ketika dikonfirmasi mengatakan, pelaku RA berhasil diamankan di rumah kosnya di Jalan Pelabuhan Baru, setelah mendapat informasi dari masyarakat bahwa akan adanya transaksi Narkotika jenis tembakau sintetis di rumah kost Jentak Agats Kabupaten Asmat.
Mendapat informasi itu, lanjut Kasat Reskrim, Tim Opsnal Sat Reskrim langsung mendatangi TKP dan melihat pelaku RA (25) sedang duduk di depan kosnya. Personel melakukan penangkapan dan penggeledahan terhadap pelaku.
“Alhasil dari tangan pelaku RA, kami berhasil mengamankan barang bukti 1 bungkus rokok Sampoerna merah yang berisi 33 batang lintingan tembakau sintetis, 1 bungkus kertas jarum black yang digunakan untuk membungkus atau melinting tembakau sintetis itu,’’ ungkapnya.
Setelah penangkapan pelaku Ra ini, dan berkat pengembangan yang dilakukan, pihaknya kemudian berhasil menangkap 2 pelaku lainnya yakni MR dan SST. Dikatakan, barang bukti yang berhasil diamankan pihaknya berupa 1 buah plastik bening yang berisikan dugaan Narkotika ap jenis tembakau sintetis (tembakau gorila), 10 buah bong yang digunakan pelaku untuk melinting atau menakar tembakau sintetis dan uang tunai sebesar Rp1 juta yang merupakan hasil penjualan tembakau sintetik oleh pelaku.
“Pelaku sudah kita tahan untuk menjelani proses hukum lebih lanjut ,’’ terangnya.
Atas perbuatannya, itu tambah Kasat Reskrim, ketiga pelaku akan dijerat Pasal 111 ayat (1) Undang-Undang No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 12 tahun kurungan penjara. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *