Teliti dan Hati-hati Gunakan Anggaran!

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., didampingi Jubir Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus saat memimpin zoom meeting yang dilakukan bersama seluruh SKPD di lingkungan Pemprov Papua, Senin (2/8) kemarin.(Dian Mustika for Cepos)

* Pimpin Rapat Virtual, Gubernur Bahas PON, Peparnas dan PPKM

JAYAPURA-Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., melakukan zoom meeting dengan tiga agenda penting yaitu perkembangan PON dan Peparnas, PPKM dan turunan Rancangan Peraturan Pemerintah yang akan disusun sebagai turunan dari UU Otonomi khusus No. 2 Tahun 2021, Senin (2/8).

Zoom meeting kemarin diikuti 48 OPD di lingkungan Pemprov Papua, stakeholder lainnya, PB PON Papua, PB Peparnas dan KONI Papua.

Juru Bicara Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus  menjelaskan dalam zoom meeting tersebut Gubernur Papua meminta penjelasan  terkait perkembangan terkait PON dan Peparnas. Termasuk pembahasan PPKM dan turunan rencangan peraturan pemerintah terkait turunan UU Otsus Nomor 2 tahun 2021.

“Untuk pelaksanaan PON dan Peparnas, gubernur menekankan agar PB. PON, PB. Peparnas dan juga Koni Papua harus berhati-hati dan teliti dalam hal penggunaan keuangan penyelenggaraan pesta olahraga tersebut,” ungkap Rifai Darus, Senin (2/8).

Gubernur Lukas Enembe mewanti-wanti untuk berhati-hati dan teliti menggunakan anggaran, agar tidak menjadi kendala dikemudian hari.

“Jangan sampai karena tidak hati-hati dalam hal penggunaan anggaran bisa mengakibatkan hal-hal yang tidak kita inginkan bersama pasca pelaksanaan PON XX maupun Peparnas,” jelasnya.

Dengan demikian, pihaknya (Gub.Papua) meminta kepada PB. PON, PB.Peparnas dan Koni Papua agar berhati-hati dalam melakukan dan mengelola administrasi keuangan, sehingga empat sukses yang diharapkan yaitu sukses prestasi, sukses ekonomi, sukses administrasi dan sukses penyelenggaraan bisa terlaksana dengan baik.

“Pesan selanjutnya, beliau (Gubernur Papua, red) juga memastikan persiapan venue-venue PON dan juga penunjang dari pada venue tersebut. Gubernur harapkan agar bulan Sepetember mendatang sudah bisa diuji coba oleh atlet-atlet kita,” tambahnya.

Terkait dengan PPKM, Gubernur Lukas Enembe menyatakan mendukung penuh pelaksanaan PPKM. “Gubernur Papua sangat mendukung penuh pelaksanaan PPKM di Papua. Apakah itu level 4 maupun level 3 kita akan menunggu laporan dari pemerintah pusat, Provinsi Papua termasuk dalam level berapa,” bebernya.

Lanjutnya, terkait level penetapan setiap kabupaten/kota di Papua, masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat. Dimana keputusan pemerintah pusat akan diikuti oleh Pemerintah Provinsi Papua.

Rivai Darus juga menyampaikan bahwa, ada beberapa hal teknis yang disampaikan Gubernur Papua kepada Asisten 2 Setda Provinsi Papua yang nantinya akan ditindaklanjuti dalam menyusun regulasi atau surat edaran terkait pelaksanaan PPKM.

“Surat edaran ini nantinya akan membantu kita dalam hal meminimalisir dan menekan lajunya penyebaran Covid-19 di Papua, dan sampai dengan saat ini yang diberlakukan untuk Papua adalah PPKM Mikro, nanti setelah sudah ada keputusan dari pemerintah pusat nanti Pemerintah Provinsi Papaua akan menyesuaikan,” pungkasnya. (ana/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *