Sempat Blackout Karena Pekerjaan Penggalian Alat Berat

Sugeng Widodo ( FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA-Jaringan Internet di Kota Jayapura dan sekitarnya sempat mengalami gangguan sekira pukul 22.30. Hal ini mengakibatkan kekhawatiran dari masyarakat yang  terkait gangguan internet yang tiba-tiba tak bisa diakses alias blackout.

Untung saja, kekhawatiran  dari masyarakat tersebut tak berlangsung lama, kurang lebih 30 menit akses internet kembali pulih. Kejadian ini membuat warga bertanya-tanya, apakah Fiber Optik di wilayah Sarmi dan sekitarnya putus lagi?

General Manager PT Telkom Indonesia Kantor Wilayah Provinsi Papua Sugeng Widodo yang dihubungi Cenderawasih Pos mengakui  bahwa pada hari Minggu (1/8)lalu, di wilayah sekitaran Kota Jayapura, Abepura dan Sentani  sempat terjadi gangguan internet hal ini disebabkan kabel FO yang tertanam di depan Mapolda Papua putus akibat adanya pekerjaan penggalian di depan Mapolda Papua yang menggunakan alat berat.

   Namun setelah dilakukan pengecekan dan perbaikan pemulihan jaringan internet langsung bisa normal kembali.

Untuk itu, Sugeng Widodo meminta maaf atas ketidaknyamanan pelanggan selama jaringan internet putus di waktu itu  karena hal tersebut tidak ada unsur kesengajaan tapi murni kejadian tak terduga.

“Nantinya dalam setiap pekerjaan yang  memang mungkin melewati jaringan kabel fiber optik yang di dalam di tanah di sepanjang wilayah Jayapura supaya pihak kontraktor bisa lebih hati-hati saat ada petugas yang bekerja dengan menggunakan alat berat dalam melakukan penggalian. Jika memang belum tahu bisa silakan koordinasi dengan pihak Telkom Papua,”pintanya, Senin (2/8) kemarin.

” Putusnya Kabel FO yang di tanam di depan Mapolda Papua diakibatkan terkena penggalian alat berat dan memang sempat terjadi blackout di beberapa titik di Kota Jayapura mulai Jam 22.15  WIT sampai dengan 23.05 WIT , yang terdampak gangguan jaringan internet ada di daerah Kota Jayapura, Abepura dan Sentani, tapi setelah dilakukan pengecekan dan perbaikan kini sudah normal kembali,”jelasnya.(dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *