Puluhan Nakes di RSUD Yowari Terpapar Covid-19

Direktur RSUD Yowari, Dr. dr. Petronella Risamasu

SENTANI-Sejumlah Tenaga Kesehatan(Nakes) yang berdinas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari, dilaporkan terpapar Covid-19. Jumlahnya mencapai 37 orang.

Direktur RSUD Yowari, Dr. dr. Petronella Risamasu mengatakan, jumlah tersebut merupakan akumulasi dari awal sampai dengan akhir Juli tahun ini.

“Sampai akhir bulan Juli ini saja dari data kita, ada 34 orang,” kata Petronella Risamasu kepada wartawan di Kantor Bupati Jayapura, Senin (2/8).

Meskipun ada sejumlah tenaga kesehatan yang terpapar, namun pelayanan terhadap masyarakat maupun pasien di rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Jayapura itu tetap dilayani dengan baik dan berjalan normal.

Menurut dia, banyaknya tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 ini dikarenakan faktor  kontak erat dari pasien yang sudah terpapar Covid-19.

“Setiap hari berhubungan dengan pasien otomatis resiko terpapar juga menjadi lebih tinggi,” ujarnya.

Lantas dia pun memuji kualitas vaksin Covid-19 karena sudah membantu berperan penting dalam minimalisir tingkat keparahan dari tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 itu.

“Puji Tuhan efek vaksin itu sangat luar biasa. Tenaga medis salah satu yang pertama yang mendapatkan vaksin Covid-19 ini,” tandasnya.

Lanjut dia, ada sejumlah tenaga kesehatan yang dilaporkan terpapar Covid-19 itu dirawat secara isolasi mandiri dan ada juga yang dirawat di rumah sakit. Namun sebagian besarnya saat ini sudah kembali bekerja sementara yang lainnya dalam tahap pemulihan.

Dia juga menyebutkan, terpaparnya sejumlah tenaga kesehatan di rumah sakit itu pada dasarnya berdampak  pada pelayanan tenaga medis kepada para pasien.

“Tetapi kami berusaha untuk mengantisipasi, kita tahu bahwa di RSUD Yowari di masa pandemi ini, selain merawat pasien covid, kita juga menangani pasien non Covid-19. Karena rumah sakit di kabupaten cuman satu. Memang itu juga sedikit tantangan buat kami,”tambahnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *