Kunjungan Warga ke Bukit Tungku Wiri Menurun

Suasana kunjungan masyarakat di Bukit Tungku Wiri, Distrik Waibu Sentani, Sabtu (30/7). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Jumlah kunjungan masyarakat di tempat wisata Bukit Tungku Wiri, yang ada di Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura dalam sebulan terakhir ini menurun akibat penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat.
“Dalam sebulan terakhir ini kunjungan ke sini sangat berkurang dari biasanya,” kata Tori, salah satu pihak pengelola Bukit Tungku Wiri kepada Cenderawasih Pos di Bukit Tungku Wiri, Sabtu (30/7).
Dia mengatakan, sebelumnya jumlah kunjungan masyarakat selalu ramai. Bahkan jumlahnya lebih banyak ketika hari Sabtu atau Minggu. Namun saat ini ini terjadi penurunan sekitar 50% dari biasanya. Menurutnya, hal ini disebabkan tingginya penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jayapura belakangan ini.
Lanjut dia, saat ini kawasan tersebut memang masih dalam proses penataan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Papua melalui dinas terkait. Penataan itu berupa pembangunan gazebo, tempat parkiran dan jalan setapak, mulai dari jalan masuk hingga di atas puncak Bukit Tungku Wiri. Pemerintah juga menata ulang kawasan itu supaya lebih menarik dan lebih indah dipandang. Sejauh ini, kata dia, pekerjaannya belum selesai dan sedang dilaksanakan.
“Kalau di bagian bawah, memang sudah hampir selesai, tapi bagian atas puncak, belum selesai karena masih ada pengelasan pagar pembatas dan juga pengecoran jalan setapak di atas bukit ini,” ungkapnya.
Pihaknya juga mengapresiasi kepada Pemerintah Provinsi Papua yang telah memberikan bantuan berupa pekerjaan penataan kawasan tersebut. Pihaknya berharap agar pekerjaan ini dapat segera terselesaikan supaya dapat dimanfaatkan oleh para tamu yang datang pada saat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pada Oktober tahun ini.
“Ya harapan kami akan pekerjaan ini bisa segera diselesaikan supaya bisa dimanfaatkan oleh para tamu pada saat PON nanti,” tambahnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *