Hari ini, Bansos Beras Mulai Dibagikan

Bansos beras cadangan pemerintah daerah Kabupaten Merauke yang sudah dibagi 5 kg setiap paket siap dibagi mulai hari ini, Senin (2/8). (Sulo/Cepos )

MERAUKE-Pemerintah Kabupaten Merauke akan mulai membagikan bantuan sosial (Bansos) beras yang bersumber dari Beras Cadangan Pemerintah Daerah (BCPD) sekaligus minuman susu, hari ini, Senin (2/8).
Bupati Merauke Drs Romanus Mbaraka seusai melakukan evaluasi data terkait dengan bantuan stimulan yang akan diberikan dalam rangka PPKM akibat dampak Covid menjelaskan bahwa masyarakat yang terdampak akan diberikan bansos beras 5 kg dan susu. Untuk start awal akan diberikan 98.000 paket setiap kepala keluarga.
“Ini akan kerja sama dengan Dinas Sosial, sehingga dalam penyaluran kami sudah komunikasi dengan BPK dan akan libatkan Polisi dalam penyaluran sehingga tidak ada penyalahgunaan dalam distribusi bantuan stimulan kepada masyarakat,” tandasnya.
Karena itu, jelas bupati, data penerima akan dicros cek dengan baik. “Kebijakan saya, juga berlaku bagi mereka yang meninggal karena Covid. Jadi keluarganya juga akan menerima Bansos ini. Kita mengambil data dari rumah sakit, sehingga besok mereka juga mendapatkan bantuan stimulan ini,” terangnya.
Menurut bupati, bantuan yang dibagikan ini baru diambil dari beras cadangan pemerintah daerah Kabupaten Merauke. Bantuan dari provinsi juga ada sekitar 5-6 ton. Begitu juga bantuan dari Presiden sebanyak 201 ton.“Untuk bantuan dari provinsi dan pusat ini yang akan kita bagikan ke seluruh kampung yang di Merauke,” jelasnya.
Dikatakan, untuk pembagian Bansos ke kampung akan dihitung sesuai dengan jumlah kepala keluarga (KK), sehingga diharapkan setiap KK di kampung akan menerima 15 kg. ‘’Jadi kita tidak lagi membagi dengan cara 1 ton setiap kampung, tapi berdasarkan kepala keluarga supaya pemerataan tepat sasaran ke setiap keluarga,’’ jelasnya. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *