Petarung Papua Ingin Torehkan Sejarah di Rumah Sendiri

Jekson Karmela.(Jekson for Cepos)

Jekson Karmela

JAYAPURA – PON XX 2021 akan menjadi sejarah bagi cabang olahraga Muaythai. Pasalnya, cabang olahraga asal Thailand itu untuk pertama kalinya secara resmi dipertandingkan di ajang PON.

Cabang olahraga Muaythai di PON XIX Jawa Barat 2016 silam menjadi salah satu Cabor eksebisi yang dipertandingkan. Saat itu Papua yang menurunkan atlet-atlet handalnya sukses meraih medali 2 medali emas, 4 perak dan 5 perunggu.

Sejatinya, di PON XX Papua, cabang olahraga Muaythai akan mempertandingkan 18 nomor, 10 putra dan 10 nomor putri.

Sebagai tuan rumah PON XX 2021, kini Muaythai Papua mengusung target tinggi. Salah satu peraih medali perak di PON XIX Jawa Barat (Eksebisi), Jekson Karmela menegaskan bahwa mereka akan meraih prestasi terbaik di rumah sendiri.

“Kami sudah melakukan persiapan cukup lama, kami sudah sangat siap. Dan di PON saya secara pribadi siap menargetkan medali emas harga mati,” ungkap Jekson Karmela kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Kamis (29/7).

Jekson memang menjadi salah satu amunisi Muaythai Papua di PON XX, selain sukses menjalani debutnya di Jawa Barat 2016 silam dengan menorehkan medali perak, Jekson juga menunjukan kualitasnya dalam beberapa event kejuaraan nasional.

Jekson tercatat pernah meraih medali perunggu Liga Kejuaraan Nasional Makassar 2015, medali perak Liga Nasional V Subang Jawa Barat 2016, medali emas Muaythai One Night Sariater Jawa Barat 2017, medali emas Kejurnas Jawa Barat 2017, Kejurnas Bogor 2017, medali emas Kejurnas Mahasiswa/Pelajar Banten 2018 dan medali emas Kejurnas DKI Jakarta 2018 dan meraih medali emas di Liga Nasional Surabaya Jawa Timur 2018, kemudian terakhir medali emas dalam Kejuaraan Nasional Bogor 2019.

Selain kejuaraan nasional, nama Jekson juga mulai diperhitungkan di kancah Asia bahkan dunia. Ia pernah beberapa kali menjadi andalan Muaythai Indonesia dan meraih beberapa prestasi gemilang seperti medali perunggu International Thailand Martial Art 2017, medali perunggu, Kejuaraan Dunia WMF Thailand 2018 medali perak pada Kejuaraan Dunia Khmer Kamboja 2018.

“Saya mulai menggeluti cabang olahraga Muaythai sejak 2015 lalu, dan PON XX Papua saya akan memberikan penampilan terbaik saya untuk meraih medali emas,” pungkas Jekson. (eri/gin).

202.134.1.10

8.8.4.4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *