Satgas Pangan Awasi Penyaluran Beras Bantuan  Presiden 

Beras Bantuan PPKM dari Presiden yang sedang disiapkan Bulog Wamena.(Denny/Cepos)

WAMENA-Penyaluran tambahan Bantuan beras PPKM  dari Presiden di Bulog Wamena bakal diawasi langsung oleh Satgas Pangan Polres Jayawijaya kepada masyarakat. Sebab bantuan ini diperuntukkan untuk masyarakat yang tidak terdaftar dalam PKH dari Bulog ke pemerintah daerah dan selanjutnya diberikan kepada masyarakat sesuai dengan daftar penerima bantuan itu.

   “Kami sudah melakukan Zoom Meating dengan Direktur Reskrimsus Selaku Kasatgas Pangan Daerah Papua, dan arahan beliau tetap melakukan pengawasan dan monitoring dalam pendistribusian bantuan dari Presiden melalui bulog kepada masyarakat dalam pemberlakukan PPKM ini,” ungkap Satgas Pangan Jayawijaya Iptu Mattinetta, S.Sos, Msi kepada Cenderawasih Pos via selulernya, Rabu (28/7).

   Dalam pelaksanaannya, kata Kasat Reskrim Polres Jayawijaya,  tentang pengawasan serta koordinasi antara aparat Pengawasan Interen Pemerintah dan aparat penegak hukum dalam monitoring serta pengawasan pengunaan dan penyerapan anggaran tahun anggaran 2021 di masing-masing daerah kabupaten.

  “Jadi karena Bulog Wamena ini membawahi 6 Kabupaten, sehingga penyalurannya diawasi Satgas pangan dari masing -masing daerah sesuai arahan dari pimpinan kami,” kata Mattinetta.

   Ia menyatakan pembahasan tentang monitoring dan kerja sama dalam penanganan, monitoring dan penukaran data dalam penyaluran bansos dalam massa PPKM tahun 2021 dari dinas-dinas terkait di wilayah dan daerah masing-masing. Artinya untuk mengeluarkan beras ini nantinya dilakukan sinkronisasi data antara Dinas Sosial dengan Bulog.

  “Data penerima bantuan ini juga akan kita awasi, sehingga beras bantuan Presiden ini didistribusikan sesuai dengan data yang diberikan dari pusat ke daerah,” jelas Kasat Reskrim Polres Jayawijaya.

  Dalam arahan Dir Reskrimsus Polda Papua juga memberikan penekanan dalam pengawasan yang lebih pada pembinaan sebelum melakukan tindakan hukum dari aparat penegah hukum dan lebih berfokus pada upaya preventif yang diutamakan dan penindakan hukum lebih pada pilihan terakhir yang dapat dilakukan.

   Ia menambahkan menindak lanjuti hasil dan pembahasan dalam rakor zoom meeting, pihak Polres Jayawijaya akan melaksanakan koordinasi dan permintaan, serta pertukaran data dari pihak-pihak dan dinas terkait dalam penggunaan anggaran yang digunakan dari program Bansos PPKM tahun 2021.

  “Kita tindak lanjuti mulai dari pendataan sampai pendistribusian bantuan itu harus benar-benar sampai kepada masyarakat,”tutupnya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *