Pemerintah Diminta Segera Realisasi Refocusing Anggaran

Ir. Drs Benjamin Latumahina.(Sulo/Cepos)

MERAUKE-DPRD Kabupaten Merauke meminta Pemerintah Daerah untuk segera merealisasikan refocusing anggaran tahun 2021 untuk alokasi bantuan Covid, kesehatan, bantuan sosial lainnya serta stimulus.
“Tadi kita minta untuk refocusing ini segera direalisasikan sehingga persiapan anggaran untuk bantuan Covid, kesehatan dan bantuan sosial lainnya serta stimulus bisa segera dilakukan,” kata Ketua DPRD Kabupaten Merauke Ir. Drs. Benjamin Latumahina kepada wartawan, seusai melakukan pertemuan dengan bupati Merauke Drs Romanus Mbaraka, MT, kemarin.
Pertemuan bupati dengan pimpinan DPRD Kabupaten Merauke itu juga dihadiri ketua-ketua fraksi. Menurutnya, refocusing anggaran itu dilakukan dari masing-masing SKPD, dimana seharusnya sudah dilakukan finalisasi refocusing saat pertemuan tersebut. Namun masih menunggu dari Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Merauke karena saat pertemuan itu tidak hadir langsung karena kemungkinan ada yang terpapar.
“Kemungkinan lewat zoom meeting dengan Pak Bupati. Setelah itu, kemungkinan baru beliau (bupati,red) sampaikan kepada kita nilainya,” terangnya.
Untuk setiap OPD, yang akan direfocusing nilainya berbeda-beda. “Totalnya yang akan direfocusing ini yang belum dapatkan karena belum final,” jelasnya.
Politisi Partai Nasdem ini juga menjelaskan bahwa pertemuan yang cukup cair dengan pimpinan DPRD dan ketua-ketua fraksi itu lebih banyak bicara soal perubahan APBD 2021. “Tapi ada beberapa hal lain yang kita diskusikan dengan pak bupati. Saya pikir, kita harapkan ketika ada banyak yang memikirkan masalah dari pada beliau sendiri yang memikirkan masalah. Intinya seperti ini. Karena dengan Covid ini sehingga kita bicara tentang persiapan fiskal capacity dalam penerimaan sehingga bisa persiapan dalam APBD perubahan,” terangnya.
Namun sebelum perubahan, yang harus diketahui terlebih dahulu berapa penerimaan sehingga belanja bisa dikoreksi. Menurutnya, untuk penerimaan tahun ini tentunya akan diambil estimasi paling bawah dari perencanaan. Dalam diskusi itu, tambah Benjamin Latumahina, bupati banyak menerima masukan-masukan dari ketua-ketua fraksi.
“Diskusi tadi cukup cair dan beliau luar biasa menerima masukan-masukan terutama dari ketua-ketua fraksi,” tambahnya. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *