Masing-Masing Wilayah Tak Boleh Saling Intervensi

Doni Donatus Gobai, S.T. (Yewen/Cepos)

JAYAPURA– Ketua Partai Bulan dan Bintang (PBB) Kota Jayapura, Doni Donatus Gobai, mengatakan masing-masing wilayah adat dan suku agar dapat menjaga adat-istiadatnya serta hak kesulungannya masing-masing di tanah Papua.
Kata Doni, Papua terdiri dari begitu banyak suku, bahasa yang punya adat istiadat dan berbeda-beda. Selain itu, proses peradabannya pun berbeda-beda. Ada juga kesenjangan antar satu suku dengan suku yang lainnya.
Masing-masing suku tidak bisa saling mengintervensi. Kalau saling intervensi, maka akan berpotensi menimbulkan konflik horizontal antar suku,” ucapnya.
Mantan Ketua BEM Uncen ini menyampaikan bahwa untuk itu penguatan terhadap wilayah adat atau suku dari masing-masing sangat penting dilakukan. Bisa melalui dewan-dewan adat atau lembaga-lembaga adat yang ada.
Penguatan sudah berjalan tapi belum sepenuhnya dilakukan. Untuk itu setuju dan mendukung apa yg disampaikan bahwa perlu ada dukungan dari Dana Otsus untuk kelembagaan adat di Papua,” ujar Doni. “Harus tetap jalan dan terfokus agar pengawasan oleh lembaga adat bsa berjalan dgn baik,” tutup mantan Ketua BEM Fakultas Teknik Uncen ini. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *