Diikuti 15 Perguruan, Tapak Suci Keluar Sebagai Juara Umum

Atlet Pencak Silat dari perguruan Tapak Suci saat merayakan kemenangan mereka sebagai juara dalam kejuaraan Cabang IPSI Kota Jayapura yang berlangsung di Aula Zipur Waena, Senin (26/7) malam kemarin.(Erik / Cepos)

Kejuaraan Cabang IPSI Kota Jayapura

JAYAPURA – Perguruan Tapak Suci sukses keluar sebagai juara umum pada Kejuaraan Cabang IPSI Kota Jayapura. Tapak Suci sukses meraih 5 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu. Sementara juara kedua dimenangkan oleh perguruan Naga Emas dengan 3 medali emas, 2 perak dan 4 perunggu kemudian disusul oleh perguruan Naga Kuning di posisi ketiga dengan perolehan 3 medali emas, 2 perak dan 4 perunggu.

Kejuaraan tersebut berlangsung sejak 24-26 Juli di Aula Zipur Waena dengan diikuti sebanyak 160 atlet dari 15 perguruan silat yang ada di Kota Jayapura. Ketua Panitia, Mayor Purn H. Suprat mengatakan, bahwa para juara nantinya akan disiapkan untuk Kejuaraan Daerah tinggal provinsi yang akan digelar pada 20-26 Agustus di Gor Toware Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Setelah ini, yang juara akan mewakili IPSI Kota Jayapura dalam rangka Kejurda IPSI Papua, sekaligus sebagai test event untuk PON pada 20-26 Agustus,” ungkap Suprat kepada Cenderawasih Pos disela-sela acara penutupan.

Sementara itu Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano memberikan apresiasi kepada seluruh atlet yang ikut bertarung dalam kejuaraan tersebut. Ia mengajak seluruh atlet Pencak Silat Kota Jayapura untuk terus meningkatkan prestasi demi membawa nama harum Kota Jayapura di tingkat daerah, nasional bahkan Internasional.

Orang nomor satu di Kota Jayapura itu juga menyemangati para atlet Pencak Silat Kota Jayapura yang belum meraih juara dalam kejuaraan tersebut. Ia mengajak agar seluruh atlet Pencak Silat di Kota Jayapura untuk terus giat berlatih dan menggali potensi yang pada diri masing-masing.

Apalagi menurut Tomi Mano, cabang olahraga Pencak Silat merupakan cabang olahraga unggulan Indonesia dan juga sebagai warisan leluhur.

“Kita harus tetap jaga dan melestarikan Pencak Silat ini, ini bukan milik orang lain ini lahir dari diri orang Indonesia. Pencak Silat hadir dari budaya Indonesia di Asian Games Pencak Silat menjadi penyumbang medali emas terbanyak,” ujar Tomi Mano.

Dalam kesempatan tersebut, Tomi Mano juga mengukuhkan pengurus cabang IPSI Kota Jayapura, ia berharap, pengurus yang baru terus mengembangkan potensi atlet Pencak Silat di Kota Jayapura.

“Tadi saya telah mengukuhkan Pengcab Kota, sebab itu saya berharap agar membuat program untuk meningkatkan prestasi Pencak Silat di Kota Jayapura dan melaksanakan agenda kejuaraan secara rutin,” pungkasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *