Tingkat Kematian Tinggi, Warga Antre Vaksinasi Covid-19

Warga saat antre untuk melakukan vaksinasi tahap kedua di lapangan apel Mapolres Merauke, Sabtu (24/7).(Sulo/Cepos)

MERAUKE– Meningkatnya kasus Covid-19 dibarengi tingkat kematian yang tinggi pula dalam 2 bulan terakhir di Kabupaten Merauke membuat animo warga untuk mengikuti vaksinasi Covid menjadi tinggi.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke dr. Nevile R. Muskita mengaku jika dalam beberapa minggu terakhir ini warga Merauke yang mengikuti vaksinasi cukup antusias. “Sekarang cukup antusias,” kata Nevile Muskita.
Dikatakan, sejak kasus Covid-19 ini, antusias warga Merauke dalam mengikuti vaksinasi tersebut cukup tinggi. “Selain karena kasus Covid diserta kematian yang tinggi, alasan lainnya karena sekarang dalam melakukan perjalanan wajib selesai divaksin. Minimal selesai vaksinasi pertama,” jelasnya.
Apalagi kedepan, lanjut Nevile, kemungkinan beberapa pelayanan umum mengisyaratkan harus vaksinasi Covid-19, sehingga mau tidak mau bagi warga yang mau melakukan perjalanan dan mendapatkan pelayanan umum harus mengikuti vaksinasi.
“Kecuali kalau ada penyakit bawaan yang memang tidak bisa mengikuti vaksinasi,” terangnya.
Nevile menyampaikan terima kasih kepada TNI dan Polri yang ikut membantu dalam melakukan serbuan vaksinasi sehingga semakin banyak warga yang menjalani vaksinasi tersebut. “Selain kita lakukan di puskesmas-puskesmas, juga ada serbuan vaksinasi yang dilakukan oleh TNI dan Polri dalam mempercepat program pemerintah untuk vaksinasi Covid-19,” jelasnya.
Soal stok vaksin Covid, Nevile Muskita menjelaskan bahwa saat ini masih sangat cukup. Namun untuk mencapai target vaksinasi 150.000 tentu tidak cukup. Tapi untuk stok 10.000 dosis vaksinasi masih ada. “Tapi, saya pikir pemerintah berkomitmen untuk menyiapkan vaksinasi bagi seluruh warga Indonesia, sehingga kalau sekarang stoknya tinggal 10.000 dosis, nanti kita minta tambahan lagi,” pungkasnya.
Sementara itu, Polres Merauke bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke dan Kodim 1707/Merauke menggelar vaksinasi kedua, Sabtu (24/7). Vaksinasi kedua ini dilaksanakan di 3 titik sesuai dengan vaksinasi tahap pertama pada 26 Juni 2021 lalu yakni lapangan apel Mapolres Merauke, Aula Kodim 1707/Merauke dan Klinik Pratama Polres Merauke.
Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M. Hum melalui Kabag Ops Polres Merauke AKP Micha P. Toding, SH, SIK, mengungkapkan bahwa vaksinasi tahap kedua ini dilakukan bagi 900 lebih peserta tahap pertama. “Vaksinasi kedua ini kita sesuaikan dengan jumlah vaksinasi pertama. Jumlahnya lebih dari 900 orang. Saat itu, kita target 900 orang tapi yang datang diatas 900 orang sehingga saat itu kita minta tambahan vaksin ke Dinkes. Jenis vaksini yang digunakan adalah Sinovac, “ bebernya. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *