Prokes Ketat, PN Wamena Batasi Pengunjung Persidangan

Junaedi Aziz, SH, MH.(Denny/Cepos)

WAMENA-Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, Pengadilan Negeri Kelas II B Wamena tak bisa lagi banyak orang menyaksikan proses persidangan. Hal ini dikarenakan PN Wamena belum bisa melakukan sidang secara virtual lantaran masih terkendala jaringan.
Kepala Bagian Humas yang juga sebagai Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Kelas II B Wamena Junaedi Aziz mengakui jika, untuk masa pandemi ini dari Mahkamah Agung sudah meminta semua jajarannya untuk melakukan persidangan secara virtual. Namun untuk Pengadilan Negeri Kelas II B Wamena ini masih belum bisa melakukan itu terkait dengan jaringan yang belum memadai.
“Kita disini menyadari kalau memang belum bisa melakukan persidangan secara virtual, oleh karena itu kita memberlakukan prokes ketat dalam melakukan persidangan, sehingga tidak semua warga bisa menyaksikan sidang lagi saat ini,” ungkapnya, Jumat (23/7 ) kemarin.
Menurut Junaedi, sebelum adanya pandemi Covid-19 juga Mahkamah Agung telah membuat peraturan untuk melakukan sidang dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk meminimalisir pertemuan dalam Perma No 1 tahun 2019 tentang administrasi perkara dan persidangan di pengadilan negeri secara elektronik.
“Dengan Perma itu kita bisa melakukan sidang tanpa harus dihadiri langsung para pihak dalam persidangan, cukup di tempat masing-masing ini, khusus untuk Perdata, namun dengan adanya Covid-19 ini, maka diatur lagi Perma tentang persidangan kasus pidana juga bolehkan untuk melakukan sidang secara virtual,” jelasnya.
Kata Junaedi, ke depan pimpinan Pengadilan Negeri Kelas II B Wamena sedang berupaya untuk memperbaiki jaringan internet disana. Sebab dalam melakukan sidang pidana secara virtual butuh jaringan yang stabil baik di Pengadilan, Lapas dan Kejaksaan, sehingga untuk sementara diberlakukan proses ketat di PN Wamena. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *