KONI Tetap Optimis dan Konsisten Capai Target

Atlet Pencak Silat dari salah satu perguruan di Kota Jayapura saat melakukan latihan di Stadion Lukas Enembe, Jumat (23/7).(Erik / Cepos)

70 Hari Menuju PON Papua
JAYAPURA – Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX 2021 tinggal menyisakan 70 hari lagi. Waktu yang terbilang sangat singkat. Para atlet Papua dari 37 cabang olahraga yang sedang digodok oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua tentu sudah sangat antusias menyambut pesta olahraga nasional empat tahunan terbesar tanah air itu.

Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya mengaku atlet Papua dari berbagai cabang olahraga sudah sangat antusias menyambut pesta olahraga terbesar tanah air tersebut. Politisi partai Hanura itu mengaku jika para atlet yang mereka bina selama ini siap mewujudkan target yang telah diberikan oleh pemerintah Provinsi Papua.

“Atlet kami sudah sangat siap, artinya KONI dalam rangka pencapaian prestasi yang sudah diberikan oleh pemerintah lima besar, KONI sudah siap, semoga rencana untuk lima besar itu sudah sesuai target dan tidak meleset,” ungkap Kenius kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di Kantor KONI Papua, Jumat (23/7).

Sebenarnya KONI Papua, sambung Kenius, memiliki ambisi untuk bisa mencapai tiga besar. Hanya saja, menurut Kenius, mereka harus fokus untuk mencapai target yang sudah diembankan oleh pemerintah dan masyarakat Papua.

“Tentu kita punya target, tidak pukul tinggi dulu, kita tetap menargetkan sesuai dengan apa yang sudah diinstruksikan oleh Gubernur Papua (Lukas Enembe) bahwa Papua harus bisa masuk 5 besar, itu dulu. Sola nanti tiga besar atau juara umum itu tergantung usaha atlet dan Tuhan yang tentukan,” ujar Kenius.

Apalagi menurut Kenius, selama pandemi Covid-19, atlet Papua tetap menjalani pemusatan latihan. Berbeda dengan atlet dari kontingen lain yang memilih untuk meliburkan atletnya. Tentu hal itu menjadi salah satu keunggulan atlet Papua dalam segi persiapan.

“Kami juga sangat bersyukur, atlet kami yang tetap menjalani latihan selama pandemi Covid-19 tetap dalam lindungan Tuhan. Kami juga meminta kepada setiap acabang olahraga agar selama menjalani latihan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, bahkan beberapa cabang olahraga melakukan latihan tertutup,” pungkas Kenius.

PON XX Papua tahun 2021 sedianya akan dilaksanakan pada 2-15 Oktober mendatang dengan mempertandingkan 37 cabang olahraga dan akan dilaksanakan di empat kluster, yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke. Papua sendiri akan menyiapkan atlet untuk seluruh nomor yang dipertandingkan. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *