Anggota KKB Ditangkap Saat ke Pasar

Anggota KKB berinisial OW alias UT saat menjalani pemeriksaan di Mapolres Puncak Jaya, Kamis (22/7).(Kasat Reskrim Puncak Jaya)

*DPO 5 Tahun, Terlibat Penembakan Tito Karnavian Tahun 2012

JAYAPURA-Lima tahun masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), OW alias UT anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang berstatus narapidana di Lapas Abepura ditangkap Satgas Gakkum Ops Nemangkawi di Kampung Wandigobak, Kabupaten Puncak Jaya, Kamis (22/7).

Penangkapan pria 30 tahun itu, dilakukan setelah tim mendapatkan informasi bahwa yang bersangkutan sedang turun ke kota dan berada di pasar menggunakan kendaraan roda dua, sekitar pukul 11.25 WIT. Dari informasi tersebut, tim langsung bergerak dan memberhentikan pelaku di Kampung Wandigobak langsung ditangkap.

Direktur Reskrimum Polda Papua, Kombes Pol. Faisal Ramadhani menyebutkan, OW saat ini sedang menjalani interogasi awal di Mapolres Puncak Jaya.“Pelaku diketahui mendapatkan vonis seumur hidup dari hakum tahun 2014 dan kemudian kabur dari Lapas Abepura  tahun 2018,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Kamis (22/7).

Adapun aktivitas OW yang memiliki nama lain Ustel Bin Laden diketahui seringkali melakukan pemalangan terhadap para supir truck yang melintas di jalan baru menuju Philia.

Catatan lainnya, OW pernah terlibat dalam penyerangan Polsek Pirime pada bulan November Tahun 2012. Ia juga terlibat dalam penembakan atau penyanggongan Tito Karnavian saat menjabat sebagai Kapolda Papua tahun 2021.

“Atas beberapa aksi yang dilakukan, pelaku sebelumnya ditangkap oleh Timsus Polda Papua pada 15 juli 2013. Namun yang bersangkutan kabur dari Lapas Abepura terhitung pada 8 Januari 2016,” terangnya.

Ditambahkan, OW juga terlibat dalam penembakan tukang ojek bernama Yanmar di Kampung Popome, Kabupaten Puncak Jaya pada tahun 2018. Dia juga terlibat dalam kontak tembak dengan personel Ops Nemangkawi di Kampung Popome tahun 2018. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *