Gandeng PLN, Pemkab Tolikara Bangun Tingkatkan Kapasitas PLTD

Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo, SE., M.Si., didampingi Kepala Dinas Perumahan, Imanuel Gurik, SE., M.Div., dan pimpinan OPD serta tim PLN Wamena meninjau lokasi pembagunan PLTD Tolikara di Kolengger, Senin (19/7).(Diskominfo Tolikara)

KARUBAGA-Pemkab Tolikara berkomitmen mempercepat peningkatan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) untuk menjangkau Karubaga ibukota Kabupaten Tolikara dan sekitarnya.
Kebijakan ini sudah direncanakan beberapa tahun yang lalu,tetapi terkendala karena terbatasnya anggaran.
Selama ini warga Karubaga menikmati aliran listrik secara bergilir karena kapasitas diesel rendah sehingga tidak mampu dilayani semua. Namun saat ini kerja keras Pemkab Tolikara melalui Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Tolikara menggandeng PLN tahun ini, untuk membangun PLTD berkapasitas besar di Kolengger. Untuk pembangunannya, sudah disediakan lahan seluas 100 x 50 meter persegi.
Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo, SE., M.Si., memberikan apresiasi tinggi kepada PLN melalui PLN Wamena yang mampu mendorong keinginan pemerintah dan masyarakat Tolikara khususnya di Karubaga dan sekitarnya.
PLTD yang dikelola langsung PLN Rayon Wamena ini diharapkan rampung sebelum bulan Desember 2021. Sehingga bisa menjadi kado Natal bagi masyarakat Karubaga menikmati aliran listrik 24 jam. Karena mesin ganda yang akan digunakan untuk berfungsi menyala siang dan malam.
“Pemerintah dan masyarakat Tolikara khususnya Karubaga berharap lampu menyala 24 jam setiap hari. Warga berharap PLN Wamena bersama pemerintah berikan hadiah Natal di bulan Desember berupa pelayanan listrik 24 jam,” ungkap Bupati Usman Wanimbo di sela-sela meninjau lokasi pembangunan PLTD, Senin (19/7).
Bupati Usman Wanimbo mengakui pekerjaan untuk membangun PLN berkapasitas besar dalam waktu singkat tidak mudah. Bahkan menurutnya sangat sulit, mengingat topografis daerah Tolikara pada umumnya dan Karubaga yang cukup sulit.
Namun dirinya percaya dengan pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa, komitmen ini pasti dimudahkan dan rampung segera sehingga harapan pemerintah dan masyarakat terwujud sesuai target. Untuk itu, pihaknya mengajak warga Tolikara bersatu hati berdoa meminta pertolongan Tuhan agar petugas PLN diberikan kekuatan dan hikmat sehingga semua berjalan lancar dan sukses.
”Saya memberikan apresiasi tinggi kepada warga Kampung Kolengger. Om-om saya telah memberikan tanah adat  seluas 100 x 50 meter persegi sehingga PLN Wamena merancang pembagunan dengan mudah dan bebas yang bisa memenuhi standar,” tambahnya.
Di tempat yang sama Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Tolikara, Imanuel Gurik, SE., M.Div mendukung penuh visi dan misi Bupati Tolikara salah satunya Tolikara terang. Hal ini terbukti dimana saat ini Pemkab Tolikara telah menyiapkan lahan untuk membangun PLTD berkapasitas besar.
Semua fasilitas berupa lahan, mesin diesel, tempat penimbunan BBM, rumah mesin diesel serta rumah petugas PLN, jaringan listrik meteran dan lainnya disiapkan Pemerintah Tolikara. Setelah ini rampung, selanjutnya akan diserahkan kepada PLN Cabang wamena untuk mengelola lebih lanjut.
“Kantor pelayanan dibagun di Karubaga,sehingga semua kebutuhan masyarakat dilayani di Karubaga. Karena semua rumah-rumah akan pasang meteran pra bayar, sehingga semua terlayani teratur,” jelas Imanuel Gurik.
Dikatakan, lokasi seluas 100 x 50 meter persegi ini akan menjadi aset daerah. Karena masyarakat pemilik hak ulayat Bogum – kogoya sudah melepaskan kepada pemerintah. “Saat ini Pemkab Tolikara melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman sedang mengurus sertifikat dan menjadi aset Pemkab Tolikara,” tutupnya.(Diskominfo Tolikara/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *