TP PKK Tolikara Tingkatkan Sosialisasi Prokes

Ketua Tim PKK Kabupaten Tolikara Ny. Veronika Usman Wanimbo saat melakukan sosialisasi Prokes di Pasar Karubaga, Sabtu (17/7) lalu.(Diskominfo Tolikara)

KARUBAGA-Meskipun belum ditemukan kasus baru Covid-19 khususnya varian delta, namun langkah antisipasi sudah dilakukan Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Tolikara dengan meningkatkan sosialisasi protokol kesehatan (Prokes) kepada masyarakat di Tolikara khususnya di Karubaga ibukota Kabupaten Tolikara.

Ketua TP PKK Kabupaten Tolikara, Ny. Veronika Usman Wanimbo turun langsung memimpin kegiatan sosialisasi yang dibantu pengurus dan kader TP PKK Tolikara serta anggota Koramil Karubaga.

Selain memberikan sosialisasi, TP PKK Kabupaten Tolikara juga membagikan masker dan hand sanitizer

kepada warga. Ribuan masker dan hand sanitizer ini dibagikan secara gratis mulai dari mama-mama Papua di Pasar Karubaga termasuk kepada pedagang kios, tukang ojek dan sopir, Sabtu (17/7).

“Ketua TP PKK Provinsi Papua menginstruksikan para ketua TPKK kabupaten di seluruh Papua untuk berikàn bantuan pencegahan, dengan gelar sosialisasi protokol kesehatan. Termasuk bantu bagikan masker dan hand sanitizer secara gratis kepada warga,” ungkap Ketua TP PKK Kabupaten Tolikara, Ny. Veronika Usman Wanimbo dalam rilis yang diterima Cenderawasih Pos, Minggu (18/7).

Dikatakan, Covid-19 varian delta sudah merenggut banyak nyawa manusia dari berbagai golongan. Bahkan kondisi pandemi ini telah melumpuhkan pertumbuhan ekonomi dan kemajuan pendidikan, serta beberapa bidang pembagunan dan pelayanan umum lainnya di Indonesia.

“Meski di Tolikara belum ditemukan kasus orang terpapar varian delta, namun sebagai langkah awal kami bersama tim terjun mensosialisasikan pentingnya mematuhi protokol kesehatan agar selamat dari wabah ini,” tuturnya.

Sebelum membagikan masker dan hand sanitizer secara gratis, pihaknya mengajak masyarakat belajar cara menggunakan masker dan hand sanitizer.

Sementara itu, warga khususnya mama-mama Papua yang mengikuti sosialisasi di Pasar Karubaga, sangat antusias menerima pembagian masker dan hand sanitizer.

“Saya minta warga Tolikara harus bijak patuhi protokol kesehatan dengan jaga jarak, selalu pakai masker saat bepergian,dan rajin cuci tagan di air mengalir. Selai itu, teratur jaga makanan bergizi. Jika sempat ada waktu berolaraga dan lebih penting dari itu selalu mendekatkan diri kepada pemberi hidup, Tuhan Yang Maha Esa,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Veronika Wanimbo meminta Mama-mama Papua di Pasar Karubaga juga mengajak pembeli yang belum menggunakan masker untuk menggunakan masker. “Kalau ada pembeli yang datang tanpa masker, berikan yang lebihnya sebagai bentuk kepedulian kepada sesama,” pintanya.

Rencananya kegiatan yang dilakukan TP PKK Kabupaten Tolikara ini tidak hanya di Karubaga, tetapi di semua distrik di Tolikara. “Tim yang turun rata-rata sudah divaksin dan untuk menjaga kemungkinan dilakukan check up sebelum turun lapangan,” tambahnya. (Diskominfo Tolikara/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *