KSAL Beri Hadiah Bedah Rumah Bagi si Juru Parkir

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano bersama Danlantamal X Jayapura, Kolonel Marinir Feryanto Pardamean Marpaung serta Alex Tiris beserta istri ketika berdiskusi ringan disela – sela peresmian rumah yang baru dibedah di Polimak, Jayapura, Minggu (18/7) kemarin. Pak Alex Tris dan istri sangat terharu dan bersyukur dengan rumah barunya.(Gamel Cepos)

JAYAPURA – Prestasi sang anak yang dibilang tidak mudah diperoleh mendorong Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memberi sebuah penghargaan kepada orang tua, Letda Always Giving, Alex Tiris dengan melakukan bedah rumah. Rumah awal yang sebagian besar terbuat dari kayu dan seng yang sudah banyak karatnya digantikan degan sebuah bangunan baru yang lebih layak. Bangunan dengan ukuran 8 x 10 ini dibuat hanya dalam waktu 10 hari disaat si pemilik, Alex Tiris dan keluarga sedang tidak dirumah.

Danlantamal X Jayapura, Kolonel Marinir Feryanto Pardamean Marpaung menyampaikan bedah rumah ini diprakarsai oleh KSAL dengan melihat histori perjuangan orang tua prajuritnya. Yang dilakukan Serda Always Giving tak hanya soal prestasi tetapi juga motivasi bagi yang lain. “Ini sejarah dimana ada putera Papua meraih Adhimakayasa untuk TNI AL dan KSAL memberikan apresiasi membedah rumah orang tuana sebab untuk mendapatkan Adhimakayasa itu sulit sekali, hanya orang – orang yang betul terpilih dan butuh perjuangan untuk mendapatkan itu,” kata Feryanto dikediaman Alex Tiris di Polimak, Jayapura, Ahad (18/7).

Always Giving sendiri berhasil meraih  Adhimakayasa meski berangkat dari keluarga yang sangat sederhana namun bersahaja dimana sang ayah pak Alex setiap hari bekerja sebagai  juru parkir dan sang ibu bekerja berjualan minuman dingin di sekolah. Ini membuat TNI AL semakin bangga karena semua diawali dengan situasi yang sulit. “Lalu kegiatan membedah rumah ini dilaksanakan selama 10 hari ketika keluarga berangkat untuk mengikuti pelantikan di Istana Negara dan selama 10 hari kami mengerahkan seluruh tenaga untuk merenovasi,” tambah Feryanto.

Wali Kota Jayapura, DR Benhur Tomi Mano yang turun hadir menyampaikan ucapan terimakasih kepada Lantamal  X dan KSAL yang sudah memberi banyak ruang bagi orang – orang Papua untuk berkarir. “Ada Wadan Lantamal X , Kol TNI Daniel Kreuta lalu Kol TNI, Carlos Deda yang jadi Komandan Lanal Biak dan kini Serda Always Giwing, saya bangga,” puji Tomi Mano. Ia menceritakan awalnya ia membaca berita soal Always Giving ini dari media sosial. “Saya lihat di medsos, namanya Tiris dan setelah saya klik ternyata ia mantan staf saya dulu di dispenda. Pak Tiris ini  kerjanya jujur, rapih dan ia membantu saya  untuk menertibkan juru parkir liar dan ini menjadi contoh bagi orang orang tua Papua untuk jaga anak, sekolah baik dan berprestasi,” tutup Tomi Mano yang meniti pagar rumah tersebut menjadi rumah doa. Ia juga menyampaikan akan mengutus dinas PU PR melihat lokasi disekitar rumah yang disebut cukup rawan.

Sementara Alex Tiris mengaku bangga dan terharu. Ia saat datang melihat rumahnya sudah berubah total, iapun tak bisa berkata – kata. “Sebuah penghargaan yang sangat berarti, terimakasih  Lantamal X dan pa wali kota  yang sudah membantu,” singkatnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *