Disdukcapil Lanjutkan GISA di Muara Tami

Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., membuka Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) bagi Orang Asli Papua di Kantor Distrik Muara Tami, Sabtu (17/7) lalu.(Gratianus silas/cepos)

JAYAPURA– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura melakukan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) bagi Orang Asli Papua di Kantor Distrik Muara Tami, Sabtu (17/7) lalu.

Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., yang hadir pada kesempatan itu menjelaskan  bahwa GISA telah dijalankan Pemkot Jayapura sejak lama di 25 kelurahan dan 14 kampung di Kota Jayapura.

Tujuannya tak lain memberikan pelayanan administrasi kependudukan bersifat jemput bola bagi masyarakat yang belum memiliki administrasi kependudukan, seperti e-KTP, akta kelahiran, maupun kartu keluarga.

“Program ini sudah berjalan sejak lama di 25 kelurahan dan 14 kampung di Kota Jayapura. Saya berterima kasih karena program ini ditindaklanjuti Kadispendukcapil yang baru, didampingi Sekdis, para kabid, dan kepala seksi,” jelas Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., Sabtu (18/7) kemarin.

“Selain untuk data kependudukan, ini penting sebagai dasar pemberian pelayanan kemasyarakatan. Demikian, kepemilikan akan kartu keluarga, akta kelahiran, dan e-KTP, sangatlah mendasar,” sambungnya.

Wali Kota Mano juga berterima kasih kepada Kepala Distrik Muara Tami dan jajarannya untuk menyukseskan pelayanan GISA di Muara Tami.

“Terima kasih untuk kerja sama kadistrik dan jajaran untuk ajak masyarakat Papua datang dan kita mendata dalam GISA di Muara Tami. Termasuk kepala kampung, lurah, dan RT/RW yang mendorong pendataan bagi masyarakat,” tambahnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura, Raymond Mandibondibo, menjelaskan bahwa GISA di Muara Tami khusus diperuntukan bagi OAP karena dana yang digunakan bersumber dari Otsus.

“Ini merupakan kegiatan lanjutan dari program GISA itu sendiri. Ini akan dilaksanakan setiap Sabtu,  dengan pelayanan door-to-door. Jadi kita datang dari rumah ke rumah untuk memberikan pelayanan GISA,” tambah Raymond Mandibondibo. (gr/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *