Kunker di Walaik, Wabup Terima Laporan Pencaplokan

Wakil Bupati Jayawijaya Marthin Yogobi, SH, MHum saat melakukan tatap muka dengan masyarakat Distrik Walaik, Jumat (16/7).(Denny/Cepos)

WAMENA-Wakil Bupati Jayawijaya Marthin Yogobi, SH, M.Hum mengungkapkan bahwa dalam kunjungan kerjanya ke Distrik Walaik, pihaknya mendapa laporan dari masyarakat bahwa  ada pembentukan wilayah baru distrik dan kampung oleh Pemkab Nduga, di wilayah Kabupaten Jayawijaya.

  “Ini kita belum tahu apakah ini benar dari Pemerintah Kabupaten Nduga  atau ini informasi oleh isu yang dikembangkan oleh masyarakat di sekitar wilayah Distrik Walaik ini,”ungkapnya Jumat (16/7) kemarin.

  Ia mengaku belum mengetahui pasti masalah pencaplokan wilayah Distrik Walaik dari Kabupaten Jayawijaya. Sebab, sampai saat ini belum ada informasi jelas baik secara tertulis maupun lisan dari Pemerintah Kabupaten Nduga.

  “Kita tahu Pemerintah Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Nduga sama -sama dibentuk dengan undang -undang, dalam aturan itu sudah diatur tentang batas -batas wilayah dari Pemerintahan masing -masing,”jelasnya.

   Kata Marthin Yogobi, meskipun informasi itu sudah disampaikan oleh masyarakat pihaknya akan membicarakan di tingkat pemerintahan dan bukan lagi kapasitas masyarakat untuk mengurus masalah itu, tetapi sudah menjadi kapasitas dari pemerintah daerah untuk mencari tahu dan menyelesaikan masalah ini.

  “Kita akan melakukan peninjauan ke beberapa batas wilayah Kabupaten yang masih bermasalah, salah satunya yakni dengan pemda Kabupaten Nduga, apabila ada pembentukan wilayah Kampung dan Distrik di Jayawijaya,”katanya.

  Menurut Wabup Marthin, Pemda Jayawijaya sudah membentuk tim untuk menyelesaikan masalah batas wilayah kabupaten, dimana dirinya sendiri sebagai ketua tim yang akan melihat dan menyelesaikan masalah batas wilayah yang masih bermasalah.

  “Selaku ketua tim untuk permasalahan tapal batas ini,  kami akan meninjau langsung wilayah mana yang dijadikan perkampungan  atau distrik sesuai dengan laporan masyarakat, harus dipastikan dulu baru kita bisa mencari langkah seperti apa,”bebernya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *