Diduga Ada Sambungan Ilegal

Kapolsek Abepura, AKP Lintong Simanjuntak ketika mengambil keterangan dari warga korban kebakaran di lokasi kebakaran, Jumat (16/7) kemarin. Polisi menduga kebakaran terjadi karena arus pendek akibat sambungan listrik illegal.((Gamel Cepos))

JAYAPURA – Pasca kebakaran yang terjadi di Jl Baru Pasar Lama Abepura, Polisi  masih melakukan penyelidikan dengan mengecek lokasi kejadian plus mengambil keterangan dari beberapa saksi tambahan. Anggota Polsek Abepura juga melakukan police line untuk tidak ada TKP yang rusak meski sudah banyak pemilik tempat usaha yang melakukan bersih – bersih. Dari hasil pengecekan di TKP ini menurut Kapolsek Abepura, AKP Lintong Simanjuntak menyampaikan bahwa pihaknya mendatangi TKP untuk melengkapi berkas awal usai kejadian.

Dan jika ingin mengetahui apa penyebab kebakaran nantinya ditangani oleh tim Labfor dari Makassar jika memang pemilik usaha menginginkan. Dari   keterangan yang disampaikan oleh dua saksi bernama Tasman dan Khaidir, diduga asal api berasal dari tiang listrik yang berdiri persis disamping tembok ruko. Pengakuan saksi api lebih banyak menyala di bagian plavon bahkan sempat menetes –  netes ke lantai. Menurut Kapolsek, keterangan dua saksi menyebut api muncul dari tiang listrik namun ada dugaan jika api muncul akibat adanya sambungan listrik illegal.

“Dugaan kami seperti itu sebab di lokasi ini pernah terjadi konsleting yang sama dan kami coba menelusuri ternyata di tiang ini nampaknya ada yang pernah memasang sambungan listrik secara illegal sehingga ketika terjadi lonjakan arus terjadi konsleting,” kata Lintong di lokasi kejadian, Jumat (16/7). Lintong sendiri sempat heran jika ada tiang yang berada dalam bangunan rumah atau tempat usaha warga sebab jika betul maka sangat mungkin diakali untuk diambil listriknya secara illegal. “Harusnya tidak boleh seperti itu, tiang listrik kok di dalam rumah,” singgungnya.

Saksi Tasman menyampaikan bahwa  saat terjadi konsleting pertama ia sempat menarik kabel agar tidak terjadi kebakaran namun tangannya justru terbakar. “Ia saya sempat tarik kabelnya dan tangan saya yang kena (terbakar),” singkatnya. Disini Kapolsek Lintong kembali mengingatkan warga untuk tidak membangun tanpa aturan yang jelas apalagi sampai mengambil listrik dengan tidak sah. “Kita akan telusuri ini,” pungkasnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *