Aliansi Papeda Apresiasi Pengesahan UU Otsus

Ketua Aliansi Papeda, Yulianus Dwaa, S.KM.(Yewen/Cepos)

SENTANI- Aliansi Papua Penuh Damai (Papeda) memberikan apresiasi terhadap pengesahan Rancangan Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus) yang disahkan menjadi UU oleh DPR RI.

Ketua Aliansi Papeda, Yulianus Dwaa, SKM memberikan apresiasi terhadap Pansus Otsus DPR RI yang selama ini telah bekerja dengan serius, sehingga RUU Otsus bisa dapat disahkan menjadi UU Otsus.

Apalagi, awalnya pemerintah pusat berencana mengevaluasi dua pasal saja, tetapi kerja-kerja Pansus Otsus DPR RI membuat terjadi revisi terhadap 18 pasal tambah 2 pasal dalam UU Otsus. Hal ini merupakan kerja yang luar biasa dilakukan.

“Kami apresiasi Pansus Otsus DPR RI yang telah bekerja, sehingga RUU Otsus telah disahkan menjadi UU dengan merevisi 18 pasal tambah 2 pasal lagi,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Jumat (16/7).

Dwaa mengakui, meskipun RUU Otsus sudah disahkan menjadi UU, tapi pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat masih terjadi. Bahkan, masyarakat ada yang menolak terhadap pengesahan UU Otsus tersebut.

“Memang sampai saat ini ada pro dan kontra, tapi masih ada jalur yang perlu ditempuh agar hak-hak masyarakat Papua bisa diakomodir,” ucapnya.

Dwaa berharap, dengan pengesahan UU Otsus ini, maka kedepan dapat mengakomodir hak-hak dasar Orang Asli Papua (OAP) diberbagai segi, baik pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik dan lain sebagainya. (bet/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *