Pelaku Penipuan Lelang Motor, Ditangkap

Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH bersama jajarannya, saat menunjukkan barang bukti saat menggelar konferensi pers di Mapolres Jayapura, Kamis (15/6).

*Mengaku Sebagai Anggota Polisi*

SENTANI- Pihak Kepolisian Resor (Polres) Jayapura berhasil menangkap pelaku penipuan lelang motor di depan Mapolres Jayapura, saat hendak menipu korban lainnya.

Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK, MH mengatakan, kasus penipuan ini cukup unik, sebab pelaku mengaku sebagai anggota Polri dan menawarkan bahwa Polres Jayapura melaksanakan lelang kendaraan bermotor.

Akibatnya menurut Maclarimboen, ada tiga korban yang merasa tertipu, sebab sudah terjadi transaksi sebesar Rp 10 juta dari masing-masing korban. Di mana dua korban masing-masing memberikan Rp 4 juta, satu korban lagi memberikan Rp 2 juta, sehingga totalnya Rp 10 juta.

“Setelah mendapatkan laporan, maka anggota dan tim kepolisian mempelajari modusnya lagi dan beruntung penangkapan dilakukan di depan Polres Jayapura,” ungkapnya kepada wartawan dalam konferensi pers yang berlangsung di Mapolres Jayapura, Kamis (15/7).

Dengan adanya kasus ini, maka Maclarimboen mengimbau kepada masyarakat bahwa tidak ada namanya lelang kendaraan bermotor di Polres Jayapura. Jika ada, hanya lelang motor dinas yang sudah berusia 5 tahun. Dan diajukan kepada Kantor Lelang Negara untuk didaftarkan.

“Setelah mendapatkan persetujuan dan dihitung nilai yang akan diganti rugi, barulah akan disampaikan lelang secara terbuka. Adapun kendaraannya adalah kendaraan yang plat motor dinas milik Polri,” katanya.

Maclarimboen menyampaikan, saat ini masih dalam proses pengembangan untuk mengetahui apakah ada lagi korban yang ditipu atau hanya tiga orang korban tersebut.

“Nanti kita cek, apakah hanya tiga orang korban atau lebih,” ujarnya. Dia meminta kepada masyarakat, apabila mendapatkan adanya lelang motor dari instansi terkait, misalnya dari Polres Jayapura, maka sebaiknya dicek secara langsung ke instansi yang bersangkutan untuk mengetahui kebenarannya. (bet/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *