Jaga Perbatasan Negara,  Patroli Gabungan Digelar di Ulilin 

Patroli gabungan lintas instansi yang melibatkan unsur Bea Cukai, Imigrasi, Karantina, pihak Keamanan, Selasa (13/7).(Humas Karantina for Cepos)

MERAUKE-Dalam rangka menjaga perbatasan negara dari  pelintas ilegal maupun  barang-barang selundupan dari negara tetangga,  digelar patroli gabungan lintas instansi yang melibatkan unsur Bea Cukai, Imigrasi, Karantina, pihak Keamanan, Selasa (13/7).

  Patroli dilaksanakan dalam rangka meninjau lokasi perbatasan RI-PNG di Rawa Torai dan melakukan koordinasi dengan perwakilan masyarakat adat setempat sekitar perbatasan dan manajemen perusahaan PT. Papua Agro Lestari (PAL).

  PT PAL merupakan salah satu perusahaan perkebunan sawit yg mengelola lahan disekitar perbatasan darat RI-PNG di wilayah antara Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke dan Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel.

  Masyarakat adat setempat yang terdiri dari marga Mekuen, Kaula, Kakuin, Dokuin, dan Basikuin di wilayah Kampung Muti Manggai, Kampung Guis dan kampung terdekat di negara PNG yaitu Kampung Kwem yang memiliki hak ulayat atas tanah yang dikelola PT. PAL.

  “Kegiatan patroli bersama untuk mencegah terjadinya tindakan kejahatan, perdagangan ilegal, terutama kewaspadaan masuknya Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK), serta Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) melalui media pembawa hewan dan tanaman yang dilalulintaskan secara ilegal,” kata Kepala Karantina Pertanian Sudirman, kepada media ini setelah melakukan patroli bersama  tersebut,  Kamis (15/7). (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *