Prioritaskan Vaksinasi di Empat Klaster

Penyuntikan Vaksin kepada salah satu pelajar yang disaksikan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri, Pjs. Kabinda Papua Mayjen TNI Abdul Haris Napoleon, Sekda Provinsi Papua Dance Yulian Flassy dan pihak terkait di SMPN 1 Jayapura, Rabu (14/7) kemarin.(Elfira/Cepos)

Kemarin, Presiden Jokowi Tinjau Pelaksanaan Vaksin Massal bagi Pelajar

JAYAPURA – Berbagai terobosan dan inovasi dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 terus dilakukan pemerintah. Seperti vaksinasi massal Covid-19 kepada para pelajar SMP-SMA door to door dilaksanakan secara serentak yang diselenggarakan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) pada Rabu (14/7).

Vaksinasi massal yang dilakukan di 14 Provinsi di Wilayah Indonesia, untuk Papua sendiri bertempat di SMPN 1 Jayapura, dengan jumlah orang yang mengikuti vaksin sebanyak 471 pelajar. Kegiatan tersebut ditinjau langsung Presiden Joko Widodo secara virtual dari Istana Merdeka, Presiden juga terlihat menyapa beberapa pelajar melalui layar.

Vaksinasi masal yang dilakukan di 14 Provinsi dengan jumlah peserta yaitu sebanyak 50 ribu orang yang terdiri dari 15 ribu pelajar SMP dan 15 ribu pelajar SMA serta 20 ribu dari masyarakat yang dilakukan secara door to door.

Pjs. Kabinda Papua atau Staf Ahli Kepala BIN Bidang Idiologi Politik Mayjen TNI Abdul Haris Napoleon menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi menindaklanjuti Instruksi Presiden Republik Indonesia guna mempercepat pelaksanaan Vaksinasi bagi para pelajar untuk memberikan sistem kekebalan tubuh dari Covid – 19 untuk memutus mata rantai atau penyebaran virus Covid – 19.

Dijelaskan, pelaksanaan vaksinasi akan dilaksankan di seluruh Provinsi Papua. Namun yang menjadi fokus kali ini diprioritaskan kepada klaster Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika. “Kabupaten ini menjadi tempat perhelatan PON sehingga kami prioritaskan,” kata Napoleon kepada wartawan.

Dikatakan, vaksinasi massal gencar dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Papua yang dibantu TNI-Polri dan Dinas Kesehatan dengan harapan pelaksanaan vaksin berhasil dengan memenuhi target agar PON dapat berjalan dengan aman dan lancar, dan seluruh kontingen PON yang datang ke Papua tidak lagi ragu.

Sementara itu, Sekda Provinsi Papua Dance Yulian Flassy mengatakan pihaknya akan terus memantau pelaksanaan ini. Pemerintah Provinsi yang bekerja sama dengan TNI Polri, kepala dinas kesehatan setempat bersama – sama memerangi covid ini.

“Kegiatan vaksinasi massal kepada para siswa pelajar SMP – SMA yang sama dilaksanakan juga di Kabupaten Jayapura, terima kasih untuk para pelajar dan orang tua yang mau menyukseskan vaksinasi ini untuk kesehatan kita bersama,” kata Flassy.

Di tempat yang sama, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengatakan melalui kebijakan Presiden Polda Papua telah menggelar gebyar vaksinasi, target kita yaitu 12.000 orang yang harus divaksin dan telah mencapai sebanyak 11.000 personil beserta keluarga yang sudah divaksin tertanggal 26 Juni menyongsong HUT Bhayangkara sebanyak 13.825 orang di 25 titik vaksinator.

“Polda Papua dan jajaran di semua titik layanan kesehatan maupun asrama kita telah membuka vaksinasi gratis kepada masyarakat, minggu depan kita akan masuk ke sekolah – sekolah, mulai dari SMA N 2 Jayapura, SMA Muhammadiyah dan SMA Yapis Dok V,” jelas Kapolda.

Sementara itu, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi menyampaikan, program serbuan vaksinasi merupakan program dari Mabes TNI yang laksanakan di seluruh tanah Papua, dari tanggal 26 Juni 2021 sampai sekarang TNI telah melaksanakan program serbuan vaksinasi dengan melibatkan 3 Korem dan 12 kodim.

“Per tanggal 13 Juli 2021 tercatat sebanyak 126.558 orang terdiri dari para prajurit dan keluarga serta masyarakat sipil. Serbuan ini dilaksanakan di seluruh fasilitas kesehatan milik TNI AD, TNI AU dan TNI AL di Papua dan tercatat sebanyak 28.018 orang baik prajurit dan masyarakat. Program ini akan terus kita laksanakan dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat, tentunya dengan tujuan heard imunity segera dapat terwujud demi menyongsong pelaksanaan PON XX Papua,” kata Kasdam.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Jayapura Purnama Sinaga mengatakan, jumlah siswanya sebanyak 1.070 orang, dan secara bertahap akan dilaksanakan vaksin, hari ini yang akan divaksin sebanyak 238 orang dari Siswa siswi SMP Negeri 1 Jayapura.

”Pelaksanaan Vaksin bukan hanya dari SMP Negeri 1 Jayapura, turut serta juga SMP Hikmah Yapis Jayapura, SMP Negeri 12 Jayapura dan SMP Negeri 6 Jayapura. Kami harap vaksinasi terhadap peserta didik putra – putri kami ini berjalan dengan aman dan lancar, karena kami semua sangat merindukan proses belajar mengajar di sekolah,” katanya.

Sementara itu, salah satu pelajar di SMPN 1 Jayapura bernama Piter Yoku mengajak siswa lainnya agar jangan takut divaksin, karena vaksin membuat imun kita terjaga dari virus Covid – 19. “Mari kita sama – sama baku jaga, Sa jaga Ko, Ko jaga Sa, salam sehat selalu,” ucapnya. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *