Demo Tolak Otsus, 23 Pendemo Dibawa ke Kantor Polisi

Sejumlah pendemo saat diamankan di Mapolresta Jayapura Kota untuk dimintai keterangan, Rabu (14/7). Ft: elfira/cep

*Satu Anggota dan 3 Orang Aksi Massa Terluka
JAYAPURA – Sebanyak 23 massa aksi yang melakukan demonstrasi Tolak Otsus Jilid II diamankan aparat kepolisian, Rabu (14/7). Hingga saat ini, mereka masih berada di Mapolresta Jayapura Kota.
Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Gustav R. Urbinas menyampaikan, 23 orang tersebut merupakan koordinator aksi dan pelaku provokasi.
“Yang kami amankan adalah koorditanor aksi dan pelaku provokasi yang melakukan pelemparan,” kata Kapolresta Gustav Urbinas saat dikonfirmasi Ceposonline.
Dijelaskan, pendemo sebelumnya memasukan surat pemberitahuan sehari sebelum aksi. Namun aesuai hasil telaah UU tahun 1945 tentang kegiatan masyarakat maka tidak diberikan izin karena tidak memenuhi syarat formil yang diajukan.
“Mereka kami bubarkan secara paksa, meski sebelumnya sudah diberikan imbauan dari pihak Kepolisian. Selain itu, aksi massa tersebut dinilai anarkis lantaran ketika dibubarkan mereka melakukan pelemparan batu terhadap petugas, akibatnya satu anggota kami terluka. Selain anggota terluka, tiga orang dari massa pendemo juga terluka,” jelas Gustav Urbinas.
Saat ini puluhan massa aksi yang diamankan telah berada di Mapolresta untuk dimintai keterangan lebih lanjut. “Selama 1×24 jam kami akan lakukan pemeriksaan baik terhadap koordinator maupun provokasi pelemparan,” pungkasnya. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *