Polisi Laksanakan Sambang Kamtibmas Polisi Sahabat Petani

Personel Satuan  Binmas Polres Tolikara melaksanakan kegiatan sambang Kamtibmas Polisi Sahabat Petani pada Spot Ternak Ikan disertai pemberian edukasi cara beternak ikan yang baik dan benar di Desa Bandia,  Distrik Karubaga, Sabtu (10/7).(Humas)

JAYAPURA – Personel Satuan  Binmas Polres Tolikara melaksanakan kegiatan sambang Kamtibmas Polisi Sahabat Petani pada Spot Ternak Ikan disertai pemberian edukasi cara beternak ikan yang baik dan benar di Desa Bandia,  Distrik Karubaga, Sabtu (10/7).

Kapolres Tolikara AKBP Dr. Y. Takamully melalui Kasat Binmas Iptu Widada menjelaskan, ketika personel tiba di lokasi langsung mengecek kondisi beberapa kolam ikan.  Sekaligus mengajak petani bergotong royong membersihkannya.

“Usai gotong royong membersihkan kolam, personel memberikan edukasi cara beternak ikan.  Diantaranya bagaimana cara membuat kolam pemijahan dan membuat perlengkapan pendukung, seperti membuat Kolam Pemijahan dari bahan terpal, membuat Kakaban (media untuk menempelkan telur ikan) serta membuat naungan kolam,” terangnya.

Dalam kesempatan ini juga, personel mengedukasi petani bagaimana cara memilih indukan ikan yang sehat,  yang kemudian ditandai dengan warna sisik yang cerah (berkilau). Induk dan pejantan yang sudah siap dapat diambil sel telur dan spermanya sehingga dapat di lakukan proses pembenihan oleh Anggota Bhabinkamtibmas Briptu Yordan. P. Bonay.

Lanjutnya, kegiatan kunjungan Sambang Kamtibmas Polisi Sahabat Tani Satuan Binmas Polres Tolikara ini bertujuan untuk memberikan pendampingan terhadap Kelompok Tani serta mengedukasi petani cara untuk memijah ikan.

“Hal ini bertujuan agar petani bisa menghasilkan benih ikan yang bagus dan sesuai dengan kondisi kolam pembudidayaan, serta petani tidak tergantung dengan kebutuhan benih dari daerah lain, namun dapat memenuhi kebutuhan benih sendiri hingga mandiri dalam memajukan kesejahteraan masyarakat dari sektor perikanan dan pertanian,” pungkasnya. (fia/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *