Peran Satpol PP Sangat Penting Dalam Penegakkan Perda

JAYAPURA – Guna mengembangkan tugas Satpol PP dalam penegakan perda dan perkada, Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Papua memberikan pemaparan materi kepada Kasatpol PP Puncak Jaya.

Kepala Bidang Satpol PP Provinsi Papua, Martinus Kopong menjelaskan berdasarkan kunjungan yang dilakukan Kastpol PP Puncak Jaya, pihaknya menjelasakan tugas Satpol PP dalam menegakan Perda dan Perkada.

“Melihat kondisi Satpol PP di Kab. Puncak Jaya, memang perannya sangat kurang, terutama dalam hal menegakan perda dan perkada, dimana dalam melaksanakan tugas pokok dari Satpol PP itu sendiri memang harus didukung dengan Perda dan harus memiliki SDM, karena jika tidak ada kedua hal tersebut maka Satpol PP akan sulit melaksanakan tugas dilapangan,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Sabtu (10/7) kemarin.

Diakuinya, dengan kunjungan yang dilakukan oleh Kasatpol PP Kab. Puncak ini pihaknya dapat mengetahui kendala yang tengah dihadapi dilapangan, yang mana sejaklk Satpol PP berdiri di Kab. Puncak Jaya belum ada perda, belum ada instruksi dan juga SDM yang belum siap.

“Ini perlu ada Penyidik Pegawai Negara Sipil agar Satpol PP dapat berkolaborasi dengan TNI/Polri dalam hal melaksanakan pelatihan serta menjalankan tugas dari Satpol PP itu sendiri,” terangnya.

Sementara itu, Kastpol PPPuncak Jaya, Justhinus W. Jikwa menjelaskan pihaknya sangat mengharapkan adanya masukan dari Satpol PP Provinsi Papua untuk memberikan arahan bagi pihaknya dalam hal pelaksanaan tugas dan fungsi dari Satpol PP.

“Kondisi Satpol PP di Puncak Jaya sampai dengan saat ini belum ada perda, sehingga kami tidak dapat melakukan tugas dan fungsi kami,” terangnya.

Dengan kondisi ini, pihaknya harapkan agar dengan kunjungan ini, agar kedepannya tugas dan fungsi Satpol PP bisa diperhatikan khususnya di daerah masing-mamsing, mengingat tugas Satpol PP sangat penting dalam mendukung dan menjalankan peraturan pemerintah daerah. (ana/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *