Penggunaan Dana PON Harus Hati-hati

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si ( FOTO: Robert MboiK Cepos)

SENTANI-Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si mengaku, pihaknya telah menerima alokasi anggaran untuk pembiayaan kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Sub PB PON Kabupaten Jayapura. Di mana anggaran itu diberikan langsung dari PB PON Papua.

“Dana PON sudah, Juknisnya harus keluar cepat, karena di Juknis ini sudah kita sepakati, setiap bidang yang mengambil uang harus mengajukan, kemudian nanti akan dikoreksi oleh pihak yang mengawasi,” kata Mathius Awoitauw, Kamis (8/7).

Dengan demikian, kata dia penggunaan dana tersebut ini betul-betul diawasi sehingga bisa dipertanggungjawabkan di kemudian hari. Sehubungan dengan itu harus dilaporkan juga dengan bukti-bukti yang akurat.

“Jangan ada yang tanda tangan bukti harus dari sumber yang menyediakan barang-barang. Itu dipertanggungjawabkan dulu, supaya bisa dikoreksi baru bisa mengajukan lagi. Kalau itu tidak dilakukan, tidak akan bisa anda minta uang,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dana tersebut diperuntukkan sesuai dengan Juknis yang sudah dibuat. Menurutnya, yang paling besar dana itu nanti akan digunakan untuk operasional di setiap bidang pertandingan, termasuk mempersiapkan dan melengkapi fasilitas pendukung yang masih dianggap kurang. Merekrut SDM, karena SDM sendiri ada sekitar 7 ribuan yang dibutuhkan.

Kemudian juga yang membutuhkan dana besar juga terkait dengan operasional sekretariat serta rapat-rapat.

“Saya pikir yang paling besar itu ada di bidang-bidang sesuai pengajuan mereka,”ungkapnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *