Kapolres: Ruang Sudah Diberikan, Jangan Kepala Batu

Kombes Pol Gustav Urbinas.(Gamel Cepos)

JAYAPURA – Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Gustav Urbinas SIK menyatakan agar warga Kota Jayapura tidak membuat aturan sendiri dari situas pembatasan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Kebijakan yang diambil adalah akfititas perdagangan dan ekonomi dilakukan hingga pukul 20.00 WIT. “Tolong ini betul – betul dipatuhi sebab kami pikir kebijakan yang diambil pemerintah kota sudah cukup baik yang memberi ruang untuk tetap melakukan aktivitas meski ada pembatasan. Ketika ini diputuskan sepatutnya dijalankan atau kami lakukan penegakan hukum,” tegas Gustav kepada wartawan di Polresta Jayapura Kota, Senin (5/7).

Terkait penanganan covid, mantan Kapolres Jayapura ini menyampaikan bahwa pihaknya masih intens mengetatkan di pelabuhan laut dimana pasca Idul Fitri hingga saat ini Satgas masih terus melakukan pemantauan dan pengecekan di pelabuhan. “Dan kami lebih mengedepankan untuk warga kota dan pelaku usaha. Kebijakan Pemkot masih bijak yakni memberi ruang untuk tetap melakukan aktifitas perdagangan sehingga ekonomi tidak stag. Tapi ketika sudah diberi kelonggaran  kami minta ini dipatuhi, misal jumlah orang yang melakukan kegiatan atau berkaitan dengan protokol kesehatan,” sambung Gustav.

Ia juga menyinggung soal  aktivitas konvoi. “Saya sudah wanti – wanti pelaku konvoi dan kalau ada saya tangkap, saya sudah perintahkan kepada anggota saya untuk tangkap dan kami jerat dengan UU penanganan wabah tahun 1984 serta karantina kesehatan,” tegasnya. Hanya hingga kini belum ada yang kami amankan dan dijerat dengan dua regulasi di atas. “Kami melihat ada penurunan aktivitas konvoi namun yang kami temukan adalah penyitaan botol minuman keras, bendera dan kalau melawan akan kami bubarkan dan saya perintahkan untuk tangkap,” tegasnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *