Pasien Tembus 112 Orang, Vaksinasi Covid-19 Digencarkan

Jhon Richard Banua, SE, MSi.(Denny/ Cepos)

WAMENA-Jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Jayawijaya  terus bertambah. Jika Jumat  (2/7) lalu tercatat 91 pasien, maka Sabtu (3/7)  bertambah menjadi 112 pasien. Sebagian besar warga yang terkonfirmasi Covid-19 ini masih dari klaster penerbangan yang masuk ke Wamena dan juga klaster gereja sebelumnya. Karena itu, Pemkab Jayawijaya akan mengencarkan vaksinasi Covid-19 kepada warga.

   “Memang sampai saat ini kita mengalami peningkatan pasien  Covid -19yang signifikan sekali khususnya untuk klaster penerbangan masuk yang masih mendominasi, namun juga ada penularan lokal dari klaster gereja yang hampir semua jemaatnya positif,”ungkap  Ketua Tim Percepatan Penanggulangan Covid -19 Jayawijaya Jhon Richard Banua, SE, MSi, Sabtu (3/7) kemarin.

  Mengantiasi lonjakan pasien di Jayawijaya, maka Pemkab sudah membuka satu bangsal khusus untuk penanganan Pasien Covid -19 di RSUD Wamena. Sebab, dua tempat yang disediakan untuk karantina di luar dari RSUD Wamena sudah penuh, sehingga harus membuka tempat baru lagi untuk menampung pasien Covid -19 yang terus meningkat.

  “Kita sudah antisipasi sejak kemarin dengan membuka satu ruangan bangsal yang lama untuk dialihfungsikan khusus untuk penanganan pasien Covid -19 di Jayawijaya yang terjadi lonjakan yang cukup signifikan,” bebernya.

  Untuk saat ini, kata Bupati Jayawijaya, untuk pertambahan pasien Covid -19 di Jayawijaya   makin cepat bertambah banyak, tidak seimbang dengan angka kesembuhan. Pasalnya dalam 2 minggu terakhir ini setiap hari ada saja pasien yang terkonfirmasi positif, sedangkan yang menjalani perawatan butuh waktu untuk proses penyembuhan.

   Upaya dari pemerintah selain menyiapkan tempat , juga gencar melakukan vaksinasi kepada masyarakat di Jayawijaya agar bisa memutus mata rantai penyebaran Covid -19. Artinya vaksinasi ini dilakukan agar masyarakat bisa terhindar dari virus yang mematikan ini.

  “Kita masih terus melakukan upaya untuk melakukan vaksinasi kepada masyarakat, kita masih buka terus baik secara masal maupun pelayanan vaksin yang dilakukan   di fasilitas kesehatan seperti RSUD Wamena dan Puskesmas,”jelasnya (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *