Pergeseran Dana PON Masih Abu-abu

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si ( FOTO: Robert MboiK Cepos)

SENTANI-Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima fisik dari anggaran dana PON untuk pembiayaan  seluruh rangkaian kegiatan PON di  Sub PB PON Kabupaten Jayapura. Padahal, secara simbolis, pergeseran dana itu sudah dilakukan sejak bulan lalu. Pergeseran dana PON ini masih abu-abu, belum jelas kapan dilakukan.

“Mereka bilang dalam minggu ini, mungkin dalam perjalanan itu, mungkin dia jalan merangkak, jadi tidak bisa lari,” ujar Mathius Awoitauw dengan nada sinis, saat dikonfirmasi media ini, Jumat (2/7).

Bupati Matius menyebutkan, kondisi ini tentu sangat memprihatinkan dan mengancam keberhasilan kegiatan PON khususnya di kluster Kabupaten Jayapura. Karena menurut mantan ketua KPU Kabupaten Jayapura itu, pergeseran anggaran dana PON ini seharusnya lebih cepat dari ekspektasi sebelumnya, mengingat segala persiapan PON,  baik administrasi maupun hal-hal lainnya yang berkaitan dengan itu harus dilakukan dan itu membutuhkan biaya.

“Keterlambatan pencairan dana ini sangat mempengaruhi kesiapan kita. Kita baru cek, kita berharap kalau bisa dana itu proses lebih cepat. Kita ini mau kerja cepat,” ujarnya.

Sebelumnya Bupati Mathius juga menyentil soal minimnya sosialisasi PON di Kabupaten Jayapura. Bahkan gaung PON yang semestinya sudah terjadi sejak dua tahun sebelumnya, justru boleh dikatakan masih biasa-biasa saja. Hal ini dikarenakan minimnya anggaran yang dimilikinya Sub PB PON, untuk menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan persiapan menuju PON itu.

“Ini even nasional, tapi kita belum melihat ada gaungnya. Padahal jika kita lihat di daerah lain, PON seperti ini gaungnya sudah beda sejak dua tahun sebelumnya,”ujar Mathius.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *