Kasus Positif Covid-19 Naik Signifikan

Daud N. Duwiri, S.KM.,M.Kes.(Fiktor/Cepos)

BIAK-Kasus Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor akhir-akhir ini kembali mengalami peningkatan yang cukup siginifikan. Hingga saat ini, seperti data yang dilaporkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor jumlah pasien dinyatakan positif terpapar Covid-19 kembali menembus angka 303 orang, saat ini pasien yang dinyatakan positif itu ada yang mendapatkan perawatan di RSUD dan isolasi mandiri di rumah.

   Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor Daud N. Duwiri, S.KM.,M.Kes mengungkapkan,  secara komulatif jumlah angka Covid-19 telah mencapai 1.432, dari jumlah sebanyak itu terjadi lonjakan yang cukup signifikan dalam satu bulan terakhir. Bahkan hingga saat ini masih ratusan pasien yang menjalani perawatan, karena tidak bisa ditampung semua di rumah sakit maka sebagian besarnya melakukan isolasi mandiri di rumah.

   “Di Kabupaten Biak Numfor angka kasus Covid-19 kembali meningkat, karena jumlahnya banyak maka sebagian besar menjalani isolasi mandiri di rumah,” katanya saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos, Jumat (2/7) kemarin.

   Dijelaskan, bahwa  sejak pertama kali ditemukan di Kabupaten Biak Numfor bulan Maret 2020 sampai dengan tanggal 30 Juni 2021, jumlah kasus kumulatif sebanyak 1.432 kasus, dengan jumlah kasus meninggal sebanyak 62 kasus, meninggal probable sebanyak 51 kasus (keadaan per tanggal 30 Juni 2021).

  Sementara Jumlah kasus terkonfirmasi selama tahun 2021 (per tanggal 30 Juni 2021) sebanyak 508 kasus, dengan rincian yang dirawat di RSUD sebanyak 40 kasus, dan sisanya sebanyak 263 kasus dengan Isolasi mandiri (Isoman), karena tanpa gejala (OTG) maupun gejala ringan.

  “Saat ini terjadi peningkatan kasus yang sangat signifikan terjadi pada bulan Mei dan Juni 2021, dimana jumlah kasus pada bulan Mei sebanyak 108 kasus terkonfirmasi positif, bulan Juni sebanyak 225 kasus, (trend kenaikan sebesar 208 %) dibandingkan bulan sebelumnya,” ungkap Daud Duwiri. (itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *