Penting, Oleh-oleh PON Segera Disiapkan

Salah satu pekerja di lokasi usaha Drs I Made Budi M.Si menunjukkan ikan asar (ikan asap) yang dipanggang menggunakan oven dan menghasilkan produk ikan yang lebih berkulitas, Rabu (30/6) kemarin.((Gamel Cepos))

JAYAPURA – Momen Pekan Olahraga Nasional (PON) tinggal menghitung hari. Banyak  persiapan yang dilakukan panitia maupun sub PON di daerah dalam bentuk infrastruktur dan sarana. Namun satu hal yang juga patut dipersiapkan adalah ada buah tangan yang melekat pada atlet dan official sekembalinya nanti. Untuk jenis produk kerajinan tangan tentunya sudah banyak yang dipersiapkan seperti noken dan kaos – kaos namun yang dalam bentuk komoditi makanan bisa dibilang masih jarang.

Disini prospek yang dibilang menjanjikan menurut Drs I Made Budi M.Si bahwa ikan asar menjadi satu komoditi yang bisa “dijual” jika digarap dengan baik. Hanya saja saat ini menurutnya para pegadang ikan asar masih butuh dibekali dengan wawasan dan teknologi. Dosen di FMIPA Uncen ini menyebut bahwa jika ada UKM yang menekuni ini kemudian pemerintah membantu  untuk mempromosikan maka hasilnya pasti lebih baik. “Saya pikir oven yang diperlukan. Oven menjadi penting karena proses pembuatan ikan asar ini bisa muat lebih banyak dengan mutu yang jauh lebih baik,” kata Made saat ditemui di kediamannya di Waena, Rabu (30/6).

Oven yang dibutuhkan kata dia ada dua kategori, pertama yang bisa menampung 20 ekor sekali proses dan ada juga yang 40 ekor sekali proses. Namun disini Made yang dikenal dengan olahan buah merahnya ini  menyebut bahwa kondisi ikan akan jauh lebih baik jika menggunakan oven dibanding dipanggang biasa dengan kawat besi. Pasalnya posisi ikan jika menggunakan oven dibuat vertical sehingga amis dan darah ikan tersebut akan turun  dengan sendirinya. “Dan dipastikan tidak amis dan tidak gatal. Sedikit berbeda kalau dipanggang dengan posisi datar. Jadi saya pikir pemerintah perlu membantu untuk menyiapkan ovennya sebab itu salah satu yang menjanjikan,” imbuhnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *