700-an Warga Sentani Barat Sudah Divaksin

Matelda Serontou, SKM, M.Kes.(Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Sejumlah Puskesmas yang sudah ditunjuk menjadi tempat pelaksanaan vaksin Covid-19 saat ini sedang menjalankan vaksin Covid-19 di wilayah Puskesmas masing-masing. Salah satunya Puskesmas Dosay yang terletak di Distrik Sentani Barat.

“Kami salah satu Puskesmas yang membuka pelayanan vaksin Covid-19 bagai masyarakat,  di Sentani Barat,” kata kepala Puskesmas Sentani Barat, Matelda Serontou, SKM, M.Kes, saat ditemui media ini di Puskesmas Dosay, Rabu (30/6).

Dia mengatakan, di wilayah Puskesmas Dosay,  jumlah masyarakatnya sekitar lebih dari 4000 jiwa. Namun dari jumlah itu, antusias masyarakat khususnya penduduk lokal masih sangat rendah dalam mengikuti vaksin. Menurut dia, baru 700-an warga yang sudah mendapatkan vaksin dan itu merupakan masyarakat Papua pendatang.

“Lebih banyak pendatang yang sudah tervaksin, sedangkan warga asli Papua yang ada di sini belum banyak yang divaksin,”katanya.

Meski begitu, kata dia, pihaknya sudah melakukan upaya untuk menggugah kesadaran dan kepedulian masyarakat mengikuti vaksin dengan melakukan sosialisasi ke sejumlah kampung.

Hal ini juga mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura.

“Namun yang datang itu sedikit sekali, ada yang alasan karena takut suntik dan lain sebagainya,”jelasnya.

Dia berharap agar masyarakat di wilayah itu mau divaksin khususnya orang asli Papua. Hal ini sebagai upaya menekan dan membatasi penyebaran Covid-19 di kalangan masyarakat. Apalagi kata, dia saat ini varian baru Covid-19 ini cukup mengancam keselamatan nyawa seseorang. Apabila jika tidak divaksin tingkat resiko untuk terpapar Covid-19 itu lebih tinggi daripada yang tervaksin.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *