Siap Terapkan Aturan Pembatasan Aktivitas Masyarakat

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si ( FOTO: Robert MboiK Cepos)

SENTANI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura memastikan akan mengikuti aturan Pemerintah Provinsi Papua terkait pembatasan kegiatan dan aktivitas ekonomi masyarakat yang diputuskan dibuka sampai pukul 20.00 WIT, yang mulai berlaku 1 Juli.

“Ya kita mengikuti aturan pemerintah di atasnya,”kata Mathius Awoitauw saat ditemui wartawan di Sekretariat Sub PB PON Kabupaten Jayapura, Selasa (29/6).

Lanjut dia, terkait penerapan aturan pembatasan aktivitas dan kegiatan sosial ekonomi  yang mulai berlaku pada 1 Juli 2021 itu, Bupati Matius meminta kepada seluruh masyarakat dan juga pelaku usaha untuk mematuhi aturan tersebut.

“Kita harus patuhi dan apapun harus dilaksanakan,” ungkapnya.

Lebih jauh dia mengatakan, pembatasan itu wajib dilakukan, khusus di tiga distrik yaitu Sentani Kota, Sentani Timur dan Distrik Waibu. Ini tidak terlepas dari kondisi tiga wilayah itu, yang memiliki catatan jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19  paling tinggi.

“Khusus Distrik Sentani Kota, Sentani Timur dan Waibu wajib,”tandasnya.

Meskipun diakui penerapan aturan itu pasti akan mengganggu aktivitas dan kegiatan masyarakat, khususnya kegiatan ekonomi. Namun menurutnya, yang paling utama dipikirkan oleh masyarakat adalah bagaimana menjamin keselamatan dan bebas dari ancaman terpapar Covid-19 ini. Karena kata dia, apabila masyarakatnya sehat maka dengan sendirinya ekonomi bisa ditingkatkan.

“Memang ini akan mengganggu dari sisi ekonomi, tetapi kesehatan lebih baik. Karena kalau kita sehat, ekonomi bisa jalan, kalau kita tidak sehat, ekonomi juga terganggu,” imbuhnya.

Oleh karena itu, dia mengajak agar masyarakat mengikuti aturan yang dibuat oleh pemerintah.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *