Sepakat Bangun Koperasi Induk di Mee Pago

Bupati Paniai Meki Nawipa memperkenalkan kopi dari wilayah Meepago  kepada Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, (UMKM) saat bertemu dan sepakat membangun koperasi induk di Wilayah adat Meepago belum lama ini.(Meki For Cepos)

JAYAPURA-Bupati Paniai Meki Nawipa bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, (UMKM) sepakat bangun koperasi umum bagi masyarakat di wilayah adat Meepago.

Kehadiran Koperasi ini nantinya dapat membantu masyarakat di tiga kabupaten yaitu, Paniai, Deiyai, Dogiyai.

  “Pertemuan saya dengan menteri koperasi kami akan dorong koperasi di Paniai yang akan menampung semua hasil kopi dari Dogiai, Deyai, Paniai,” ungkapnya  kepada Cenderawasih Pos, Senin, (29/6).

  Bupati mengaku telah bertemu Bagus Rachman SE, M.Ec selaku asisten  deputi pengembangan  dan pembaruan perkoperasian dan Hanung Harimba Rachman Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah di Jakarta.

   Kata Bupati Meki dengan melihat potensi dari tiga kabupaten ini, dirinya akan lebih dulu memulainya dari komoditi Kopi. “Target kami adalah kopi yang mana kami akan membangun Green House,” kata Bupati yang sebelumnya juga berprofesi sebagai pilot itu.

  Selain menampung hasil komoditi pertanian warga masyarakat, nantinya juga dipermudah di tiga kabupaten ini untuk simpan pinjam dalam menghidupkan koperasi dan juga menjawab keluhan masyarakat.  “Koperasi induk kita bangun dan masyarakat punya hasil  pertanian kita tampung dan dengan hadirnya  koperasi itu kita bisa pinjamkan uang ke petani agar masyarakat bisa punya uang setiap hari dan mereka bisa usaha,” katanya.

    Harapannya dengan memulai dari kopi nantinya koperasi ini bisa menampung yang lainya dan ini sudah disepakati pihak kementerian. “Pertama kopi dulu baru kita bicara lain dan pak menteri juga suda sepakat dan sudah perintahkan stafnya dan pertemuan dengan deputi bidang usaha kecil dan menengah dan asisten deputi pengembangan pembaharuan penkoperasian meraka akan rancang koperasi induk di paniai. kita kelola kopi ini dari hulu sampai hilirnya,” katanya. (oel/tri)

  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *