Danrem: Jika Tak Disiplin Maka Bisa Jadi Korban

Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan ketika mengecek barisan pasukan saat dilakukan pergantian di Pelabuhan Jayapura, pean lalu.((Penrem For Cepos))

JAYAPURA – Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan menekankan agar setiap prajurit waspada dan melaksanakan tugas pokoknya. Pasalnya jika melakukan tugas di daerah rawan dan tidak meningkatkan kewaspadaan maka bisa saja menjadi korban dari pihak – pihak yang memang tak sejalan dengan ideology bangsa.  Dikatakan Izak bahwa keberhasilan dalam melaksanakan tugas operasi merupakan kebanggaan setiap prajurit dan satuan serta menjadi pengalaman berharga untuk dijadikan referensi dan motivasi dalam menghadapi tugas-tugas dimasa depan.

Namun ia meminta kehadiran TNI di tengah masyarakat juga harus bisa  memberikan solusi atas persoalan yang terjadi di tengah masyarakat. “Ini  selalu kami tekankan kepada setiap satuan yang bertugas di Papua agar menjaga  kewaspadaan dan disiplin dalam melaksanakan tugas operasi. Hal tersebut  adalah yang utama tidak boleh lengah sedikitpun, karena daerah ini daerah operasi dimana kewaspadaan dan disiplin itu sangat penting. Yang tidak disiplin pasti akan menjadi korban dalam medan penugasan,” beber Brigjen TNI Izak Pengemanan dalam upacara pelepasan Satgas Pamrahwan pasukan organik Kodam XVII/Cenderawasih dari Yonif Raider Khusus 751/Vira Jaya Sakti yang menggantikan Batalyon Infanteri Para Raider 432/WSJ seperti rilisnya, Selasa (29/6) kemarin.

Izak Pangemanan menekankan agar pengalaman, kejadian selama penugasan sebagai evaluasi tugas kedepan sehingga akan meningkatkan profesionalisme sebagai seorang prajurit dalam melaksanakan tugas Operasi. Menariknya disini selaku Dankolakops ia juga melarang prajurit membawa flora dan fauna endemic Papua yang statusnya dilindungi.  Disini Izak  menyampaikan jika Kolakops Korem 172/PWY dan jajarannya merasa sangat terbantu dengan adanya Satgas Pamrahwan Yonif 432/WSJ.

“Terdapat 22 Pos satgas  yang ada dimana mereka  bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, sehingga semua daerah yang menjadi tanggung jawabnya bisa terjaga keamanannya. Terutama daerah-daerah yang sulit, yang hanya memiliki akses transportasi udara seperti di Mapenduma. Di daerah tersebut tidak ada satuan yang lain hanya mereka, tetapi mereka bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik,” puji Danrem 172/PWY. Ia juga menyinggung soal pandemic.  “Dimasa pandemi covid-19 ini harus memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan. Bila ada yang sakit harus segera ditangani,” tegas Brigjen TNI  Izak Pangemanan. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *