PSSI Mengajukan Tuan Rumah AFC Cup

Jacksen F. Tiago.(Erik / Cepos)

JFT : Tidak Mungkin Pertandingan Dilaksanakan 29 Juni

JAYAPURA – Federasi PSSI masih mengupayakan, agar Persipura Jayapura dan Bali United bisa bermain di Piala AFC. Sebab itu, PSSI dikabarkan mengajukan Indonesia untuk menggantikan Singapura sebagai tuan rumah Piala AFC Zona ASEAN. Markas Bali United, Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali menjadi pilihan PSSI. Indonesia berminat menjadi tuan rumah agar kedua wakilnya itu tetap bisa main di Piala AFC.

Indonesia turut menjadi salah satu pihak yang ditawarkan oleh AFC. Kini, PSSI tengah mempersiapkan segala kemungkinan untuk menggelar fase grup Piala AFC Zona ASEAN. Jika tidak, Piala AFC wilayah ASEAN terancam dibatalkan, menyusul belum ada negara wilayah ASEAN yang bersedia menjadi tuan rumah setelah Singapura yang ditunjuk sebagai tuan rumah untuk Grup H dan I menarik diri setelah Negeri Singa mengalami lonjakan kasus Covid-19.

Fase grup sendiri rencananya mulai digelar pada 29 Juni mendatang. Namun dengan menyisakan waktu empat hari lagi, kemungkinan besar Piala AFC untuk wilayah ASEAN akan diundur, bahkan berujung pada pembatalan.

Manajemen Persipura Jayapura sepertinya sudah sangat pesimis Piala AFC bisa digelar pada 29 Juni besok. Sehingga manajemen Persipura bersama staf pelatih memilih untuk meliburkan pemainnya sejak Kamis kemarin, dan kembali menjalani persiapan pada Senin (28/6).

Pelatih kepala Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago mengatakan, bahwa sangat kecil kemungkinan Piala AFC bisa digelar pada 29 Juni. Apalagi pihak AFC belum memutuskan apa-apa terkait perubahan jadwal atau venue pertandingan.

“Saya orangnya realistis, kalau kita melihat saat ini tanggal 25 kurang empat hari menuju Piala AFC, itu sangat tidak mungkin di masa pandemi. Karena kita harus mengurus paspor, protokol kesehatan pemain dan lain sebagainya, sehingga bisa dipastikan 29 Juni tidak mungkin bertanding, sehingga itu menjadi dasar untuk kita liburkan pemain-pemain kita untuk bisa kumpul dengan keluarga,” ungkap Jacksen, Jumat (25/6).

Disinggung soal upaya PSSI untuk mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah, pelatih asal Brasil itu juga enggan bersuara. Menurutnya, ia hanya fokus untuk menyiapkan timnya dengan baik, sambil menunggu putusan dari AFC serta PSSI.

“Soal Persipura tuan rumah, saya kurang tahu karena itu urusan AFC dan Federasi secara langsung. Memang sudah ada pembicaraan Federasi dengan AFC, dan dua hari lalu Manajer (Bento) menghubungi saya bahwa ada kemungkinan Indonesia jadi tuan rumah, soal tanggal belum ada dan kepastian dari AFC juga belum ada. Papi koordinasi dari pihak klub sudah ada tapi saya tidak tahu sejauh mana,” ujar Jacksen.

Legenda hidup PSM Makassar dan Persebaya Surabaya itu juga mengaku, bahwa pekan depan, mereka akan kembali fokus melakukan pemusatan latihan untuk menatap Liga 1 Indonesia yang rencananya mulai digelar pada 9 Juli mendatang.

“Pemain yang libur akan kembali kumpul pada hari Senin, kita akan melanjutkan persiapan kita untuk menatap pertandingan pertama kita di Liga,” pungkas Jacksen. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *