Ratusan Penumpang Kapal Putih Jalani Swab PCR

Para penumpang kapal laut dari luar Papua, saat mengikuti tes Swab PCR yang dilakukan di Pelabuhan Jayapura, Kota Jayapura, Rabu (23/6) kemarin malam.(Humas Polresta For Cepos)

JAYAPURA– Untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Kota Jayapura, maka dilakukan perketatan di wilayah-wilayah kedatangan, di Pelabuhan dan di bandara.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah melakukan pemeriksaan kepada warga masyarakat yang baru datang dari luar Papua, baik yang mengikuti kapal laut maupun mengkuti penerbangan pesawat udara.

Pemerintah Kota Jayapura dan Polresta Jayapura Kota melakukan pemeriksaan swab PCR terhadap para penumpang kapal laut yang berasal dari luar Papua. Hal ini dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 yang ada di Kota Jayapura dan Provinsi Papua.

Ada dua kapal laut yang berlabuh di Pelabuhan Jayapura, yaitu KM. Labobar dan KM. Dobonsolo, sehingga kami lakukan pemeriksaan swab PCR terhadap 359 penumpang yang dari dari luar Papua,” kata Wakapolresta Jayapura Kota, AKBP Supratono, S.Sos, M.Si didampingi Kasat Pol PP Kota Jayapura, Kompol Muchsin Neungkela S.H, saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (24/6).

Swab PCR terhadap para penumpang kapal laut yang berasal dari luar Papua ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Pemkot Jayapura dan Polresta Jayapura Kota agar dapat mencegah penyebaran Covid-19 yang ada di Kota Jayapura dan Provinsi Papua. “Kami lakukan penertiban terhadap para penumpang yang turun di Pelabuhan Jayapura. Terutama penumpang yang datang dari luar Papua kami lakukan pemeriksaan swab PCR,” ungkap Supratono.

Supratono menjelaskan, penumpang yang turun dari dua kapal laut ini berjumlah 3.071 orang. Dari ribuan penumpang ini ada kurang lebih 985 penumpang yang berasal dari luar Papua. Ada sekitar

Wakapolresta mengatakan, hari ini ada dua kapal yang masuk di pelabuhan laut jayapura diantaranya adalah KM.Labobar dan KM.Dobonsolo. “Total penumpang yang turun sebanyak 3.071 orang, dimana penumpang yang berasal dari luar Papua ada 985 orang dan berhasil dilakukan pemeriksaan Swab PCR sebanyak 359 orang,” ucapnya.

Supratono mengatakan, hasil dari pemeriksaan Swab PCR yang dilakukan akan dikirim ke Labkesda Kota Jayapura, bila nanti ada yang terkonfirmasi positif maka akan ditindaklanjuti oleh puskesmas setempat melalui PPKM Mikro untuk dilakukan isolasi mandiri.

“Untuk pemeriksaan Swab PCR hanya diberlakukan oleh penumpang dari lura papua karena tidak menutup kemungkinan dari daerah asal mereka sudah terjangkit, sementara untuk penumpang yang dari dalam wilayah Papua dan Papua barat hanya dilakukan validasi kartu kesehatan oleh tim KKP Pelabuhan Laut Jayapura,” ujarnya.(bet/fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *