Pengamanan PON Dikendalikan Mabes dan Polda

Kapolres Jayapura AKBP  Fredrickus W.A. Maclarimboen.(Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Dalam rangka menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua, khususnya di Kluster Kabupaten Jayapura,  jajaran Polres Jayapura akan melakukan pengamanan dalam bentuk operasi pengamanan.

Meskipun pengamanan PON itu seluruhnya akan dikendalikan oleh Mabes Polri dan Polda Papua.

“Kami dari Polres sendiri mengikuti rencana operasi yang disusun oleh Polda atau Mabes Polri,”kata Kapolres Jayapura, AKBP  Fredrickus W.A. Maclarimboen kepada wartawan di Mapolres Jayapura, Rabu, (23/6) kemarin.

Meski begitu, dia mengaku, pihaknya akan mempersiapkan diri dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan PON itu, terutama dari sisi jaminan Kamtibmas di Kabupaten Jayapura. Sehubungan dengan itu, pihaknya akan melaksanakan apel pra persiapan. Di mana melalui apel tersebut, pihaknya ingin melihat kesiapan personel yang akan terlibat dalam pengamanan PON XX 2021.

“Selain pengamanan PON, Polres Jayapura juga melaksanakan tugas rutin, sehingga nanti itu dibagi,” katanya.

Khusus kegiatan pengamanan pada saat PON,  sesuai dengan konsep yang sudah diberikan oleh Polda, personel yang terlibat dari Polres Jayapura sebanyak  300 orang. Kemudian dibackup dari Brimob dan Sabhara. Kurang lebih jumlahnya sekitar 1000 personel yang akan ditempatkan di Sentani  untuk melakukan pengamanan selama PON.

“Terlepas dari itu, mohon juga dukungan dari semua komponen masyarakat sebagai tuan rumah, setidaknya bisa memberikan kontribusi yang positif,” tandasnya.

Khusus di Kabupaten Jayapura sendiri ada 21 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Sejauh ini, yang masih harus dipenuhi terkait dengan ketersediaan tempat penginapan para tamu. Namun berdasarkan informasi yang diperoleh pihaknya ada beberapa rumah warga yang nanti digunakan untuk menampung para tamu PON. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *