100 HARI MENUJU PON PAPUA

FOTO: Stadion Lukas Enembe yang nantinya menjadi Venue utama pergelaran PON Papua 2021

Optimis atau Pesimis

Lukas Enembe SIP.MH melalui juru bicaranya M. Rifai Darus.

“Harus Optimis, 100 hari menjelang ajang akbar sebuah event olahraga merupakan waktu yang singkat dan padat. Memasuki fase ini, saya berharap agar Pemerintah Daerah setempat, Dinas Kesehatan, serta Pengurus Besar PON semakin memperkuat koordinasi berkaitan dengan penyelenggaraan PON,”

“Dinas Kesehatan Provinsi Papua juga sudah mulai bergerak dengan mendata masyarakat yang berdomisili dekat dengan venue pertandingan PON baik di Jayapura, Merauke, maupun di Mimika., dalam jangka waktu kurang lebih dari 100 hari Kontingen dari seluruh Indonesia harus melaksanakan Vaksinasi terhadap 6.484 atlet yang akan berpartisipasi. Ini penting karena setiap atlet yang bertanding memiliki hak untuk tetap sehat dan terjaga dari Virus Covid-19 agar dapat mengerahkan kemampuan terbaiknya,

“Intinya, Pemprov Papua di bawah kepemimpinan Bapak Lukas Enembe berkomitmen terus berupaya agar persiapan PON XX segera rampung, 100 Hari memang bukan waktu yang banyak, akan tetapi saya percaya Torang Bisa untuk mensukeskan PON ke – XX di Papua. Karena keberhasilan PON nanti bukan hanya menjadi simbol kemajuan masyarakat Papua, melainkan juga kemenangan Bangsa Indonesia dalam mengatasi pandemi Covid-19,”(gin)

Wakil Menteri PUPR, John Wempi Wetipo

“Optimis. Tugas kami melalui Kementerian PUPR itu ada tujuh venue yang kami siapkan, dan tiga masih dalam pekerjaan dan empat sudah selesai dan sudah diserahterimakan dengan Pemerintah Provinsi Papua. Tinggal tiga yang belum Sepatu Roda, Dayung dan Panahan. Semoga di akhir Juli selesai. Ini yang bisa kita tuntaskan, paling tidak di akhir Juli. Ini adalah wujud keseriusan kita dari pemerintah pusat melalui kementerian PUPR yang sudah kita kerjakan,”

“Empat venue yang sudah selesai itu Aquatic, Istora, Cricket dan Hockey. Memang fasilitas yang dibangun itu memang luar biasa, dan ini butuh maintenance juga. Dan kita harapkan dengan serah terima yang sudah dilakukan pemerintah provinsi bisa lebih proaktif merawat dan mengelola ini dengan baik. Paling tidak, sebelum PON ini sudah bisa didandani yang sudah terbangun dan saya harapkan bisa digunakan dan dimanfaatkan dengan baik,”(eri)

Sekda Papua Dance Yulian Flassy

“Papua harus tetap damai dalam hal penyelenggaraan PON, kami tidak suka adanya hoax-hoax yang beredar dimasyarakat, karena PON merupakan harga diri bangasa khususnya masyarakat Papua,”

“Kami optimis penyelenggaraan PON di Papua harus berjalan dengan sukses,”(ana)

Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda

“PON tinggal 100 hari lagi, tanggungjawab besar masyarakat Papua yang ada di atas tanah ini (Papua), untuk itu kami menyampaikan kepada semua masyarakat, mari sukseskan PON XX. Event ini, di atas tanah ini harus pastikan PON bisa berjalan dengan baik. PON menyatukan seluruh anak bangsa, biarkan seluruh hadir di Papua datang dengan senyum. Dan kita harap saat mereka pulang merasakan hal yang sama,”

“Di Papua ini penuh dengan tantangan yang luar biasa, di tahun lalu sempat bergeser karena Covid, tapi saya melihat panitia yang kerja sangat luar biasa, dan saya sebagai Ketua Harian memberikan apresiasi. Mungkin 100 tahun lagi baru kita bisa tuan rumah. Karena kita ada 34 provinsi dan PON berlangsung dalam 4 tahun sekali. Sehingga lewat moment ini kepercayaan yang diberikan oleh negara kepada kita, saya mengajak semua lapisan masyarakat sukseskan PON,”(eri)

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal

“Kami Optimis, ayo sama sama sukseskan PON sesuai peran masing masing, ada sebanyak 9000-an personel TNI-Polri dan unsur terkait bakal amankan rangkaian PON yang akan diselenggarakan di beberapa titik di Provinsi Papua.” (fia)

Karo Ops Polda Papua Kombes Pol Jeremias Rontini

“Dalam mengamankan PON kami tidak hanya melibatkan personel melainkan juga menurunkan kendaraan taktis milik Polda Papua demi kelancaraan penyelenggaraan PON,”

“Kendaraan taktis dan personel akan kami tempatkan di setiap venue tempat terselenggaranya PON. Akan kami berikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat diperhelatan PON pada Oktober nanti,” (fia)

Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM

“Untuk PON di Kota Jayapura sebagai klaster penyelenggara, saya optimis PON akan sukses di wilayah Kota Jayapura. Sebab, persiapan kita untuk penyelenggaraan itu sudah siap 100 persen agar PON itu sukses. Tinggal bagaimana komunikasi, koordinasi kita dengan PB PON.”

“Kita telah all out bekerja untuk sukseskan PON, karena PON ini merupakan harga diri masyarakat Papua. Saya optimis PON akan sukses, terlebih ketika kita bekerja keras, satu hati, mewujudkan sukses PON.”

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE,M.Si

“PB PON jangan terlalu banyak ‘bersandiwara’, kita semua jantungan ini karena anggaran belum digeser ke Sub PB PON,”

“Mungkin 20% tahap pertama kemudian 30% dan seterusnya,” (bet)

Sekda Merauke Ruslan Ramli,SE, M.Si

‘’Baru-baru pak Bupati ke Jayapura  dan ketemu dengan PB PON. Saya dengar juga beliau ketemu  pak Sekda Papua untuk bicara mengenai anggaran seperti apa. Dan hari ini, ada Tim dari Provinsi turun mau bicara mengenai pendelegasian kewenangan  sekaligus program kegiatan apa saja yang akan diserahkan ke Subda PON Merauke ,’’

‘’Karena kita wajib mensukseskan agenda nasional. Jika ada miss komunikasi antara PB PON dan Subda  PON merupakan hal biasa. Tapi kita tetap  komitmen untuk mencari solusi yang terbaik. Ini yang sementara dibicarakan antara  PB PON dan Subda PON.   Termasuk saya katakan list kebutuhan untuk kita cek apakah sudah tercouver atau belum. Dan kalau  tidak, Langkah apa kira-kira yang akan segera kita lakukan. Karena kita tinggal menghitung hari,’’ (ulo)

Ketua Bidang I PB PON, Yusuf Yambe Yabdi

“Dalam 100 hari kedepan, di bulan Juli-Agustus kita akan melakukan test event, dalam test event ada langkah-langkah yang harus diambil, kita melakukan penyiapan venue. Kita belanja masalah terakhir yang ada di dalam venue, mungkin ada venue yang kursinya masalah, atau catnya luntur, lampunya tidak berfungsi,”

“Sebelum test event, kita juga akan melakukan penyegaran terhadap Sub PB PON, penyegaran terhadap panpel, dan terhadap wasit juri. Test event rencananya kita lakukan di bulan Juli – Agustus. Dan kita harapkan semuanya selesai di bulan Agustus. Kekurangan apa yang kita temukan dalam penyelenggaraan test event, kita benahi dan semoga yang telah kita lakukan dengan pertolongan Tuhan kita bisa mensukseskan penyelenggaraan pertandingan pada PON XX tahun 2021, Soal peralatan pertandingan saat PON tidak ada masalah,”(eri)

Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya

“PON tinggal 100 hari lagi, kami KONI terus menyiapkan para atlet potensial untuk bisa berprestasi saat PON. 100 tahun lagi PON belum tentu ada di Papua, oleh karena itu kami akan tunjukan sesuatu dan buktikan bahwa kitong bisa. Oleh sebab PON ini merupakan banyak kebangkitan baru bagi olahraga Papua, dan kehadiran PON di Papua merupakan tolak ukur pembinaan prestasi olahraga di Papua,”

“Kita harus menjadi tuan rumah yang santun dan ramah bagi seluruh kontingen. Kami KONI tidak ingin melewatkan kesempatan ini dan menunjukkan kepada Indonesia dan dunia bahwa atlet Papua akan berprestasi di PON XX yang sudah kita bina 981 atlet ditambah dengan official total 1551. Jumlah yang tidak sedikit membuktikan bisa komitmen Pemerintah Papua untuk mengangkat harkat dan martabat. Target kami bisa mencapai peringkat ketiga, tapi tidak menutup kemungkinan bisa juara umum,”(eri)

Duta PON XX 2021 Papua, Boaz Solossa

“Saya sangat bangga bisa diberikan kepercayaan ini, apalagi bersama Raffi dan Nagita sebagai youtuber yang memiliki follower begitu banyak. Ini sebuah kebanggaan bagi saya. Kami akan terus menggaungkan PON XX Papua, untuk meyakinkan setiap kontingen, sehingga semua orang bisa datang ke Papua untuk menyaksikan PON,”

“Soal vaksin Covid-19, saya juga sangat setuju dengan keputusan tersebut, vaksin itu betul-betul membantu kita dari Covid-19 ini, salah satunya bisa membantu kita saat PON. Semoga vaksin ini bisa menjadi jawaban bagi setiap atlet, baik yang sedang latihan maupun yang akan bertanding saat PON nantinya. Vaksin ini memang sangat menjamin, tentu pasti akan sangat menolong saat pelaksanaan PON,”(eri)

Ketua Pansus PON XX Papua, Jack Komboy

“Optimislah. Dengan waktu sisa ini, bagaimana terus membangun rutinitas untuk komunikasi. Jadi komunikasi dan koordinasi harus segera berjalan. Kita lihat memang ada beberapa kendala antara PB PON dan Sub PB PON, saya berharap ini harus segera diselesaikan. Kita sebagai sesama anak Papua, mari duduk bersama. Mari kita sukseskan event PON ini, karena ini bukan pekerjaan yang ringan. Dan menurut saya pekerjaan besar yang harus dikerjakan oleh semua pihak,”

“Kita harus mencari solusi yang terbaik supaya bagaimana sama-sama bersepakat untuk mensukseskan PON ini. Ini perintah negara yang harus dipatuhi oleh semua orang. Ingat ini event nasional yang harus dipatuhi semua pihak baik yang ada di Kabupaten/Kota dan juga yang ada di Provinsi dan tidak bisa dikatakan tidak siap, harus mau. Tapi dengan masih adanya waktu mari kita sama-sama tetap optimis, dan menurut saya, kita sebagai anak Papua kita punya kewajiban untuk PON Papua harus sukses,”

Kadisorda Kabupaten Merauke Drs. Selestinus Kahol, MT

‘’Kita harus optimis. Kalau tidak optimis, bukan  olahraga,Untuk penyelenggaraan  dari 6 cabor sudah siap.  Kita panitia di daerah juga sudah siap. Di Provinsi ini yang belum terlalu terbuka  terutama terkait masalah anggaran. Kalau semua ditangani  dari provinsi,  lalu  panitia Subda PON  di Merauke mau bikin  apa. Itu bisa fatal,”

‘’Harus sukses pelaksanaan,  sukses prestasi olahraga dan terakhir sukses administrasi. Karena  catatan perjalanan sejarah PON di Indonesia, habis PON banyak penyelenggara yang ditangkap. Banyak pejabat yang ditangkap karena korupsi. Jangan sampai PON di Papua  juga terjadi begitu. Ini harus menjadi catatan,’’ (ulo)

Kapolres Merauke AKBP  Ir Untung Sangaji, M.Hum melalui  Wakapolres Merauke Kompol Leonardo Yoga, SIK,

‘’Ada sekitar 900 personel gabungan  TNI dan Polri yang kita siapkan di Merauke untuk pengamanan tersebut,’’

“Kendati  baru-baru ini  Densus 88 dibackup Polres Merauke berhasil menangkap sejumlah terduga teroris yang akan mengobok-obok pelaksanaan  PON XX di Papua tersebut. Jadi  sudah clear dan sudah dibersihkan.  Tidak ada lagi para terduga  teroris  tersebut,’’ pungkasnya. (ulo)   

Akademisi, Dosen FKIP Uncen Jurusan Keolahragaan, Pahala Hutajulu

“Kalau saya melihat agenda pelaksanaan PON di Papua ini tetap optimis bahwa akan berjalan dan digelar. Ini menjadi kebangaan dan sejarah yang harus diamini bersama – sama. Kalau dirasa masih ada yang kurang – kuran saya pikir itu wajar sebab ini event perdana dan pasti banyak kekurangan.  Tinggal bagaimana yang kurang – kurang ini kita benahi bersama jadi saya tetap optimis,” (ade)

Pelatih Kepala Sepakbola Putri Papua, Priagung Admojo

“100 hari menuju PON, pemain sudah siap. Kekurangan hanya pada mental dan uji coba dengan tim-tim yang levelnya di atas kami. Semoga dengan rencana try out di bulan depan, pemain semakin solid agar bisa mencapai prestasi terbaik saat PON,”

“Terimakasih juga kepada KONI dan Asprov PSSI Papua yang selalu mendukung kami selama menjalani TC. Dan kami juga mohon doa dari masyarakat pecinta sepakbola putri Papua, terlebih masyarakat Merauke yang nantinya akan menjadi tuan rumah,”

Atlet Binaraga Papua Edo Apcowo

“Sekarang saya sedang menjalani masa diet untuk mendapatkan hasil otot yang terbaik dan target saya bisa memberikan yang terbaik untuk daerah dan juga masyarakat Papua,”

“Saya juga berusaha agar tidak mengecewakan dari persiapan saya menuju 100 hari ke PON di bulan Oktober  nanti. Kalau target ya sudah pasti medali emas, tapi saya cuma bisa berusaha dan berdoa selebihnya saya serahkan ke Tuhan dan Tuhan lah yang menentukan,”

Atlet Elit Dayung Papua, Fani Ibo

“100 persen saya sangat siap untuk menuju 100 hari menuju PON, dan ini menjadi suatu kebangaan buat saya pribadimenjadi tuan rumah di PON Papua. Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk memberikan yang terbaik buat Tanah Papua, saya pribadi sudah punya target 2 Emas dari nomor kayak single di jarak 500 meter dan 200 meter,”

“Untuk mencapai target tersebut, saya minta dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Papua. Intinya kami Cabor Dayung Papua akan berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi tanah Papua,”

Ketua PHRI Provinsi Papua, Syahrir, SE

“Kami Optimis PON Sukses, rapat-rapat sudah kami lakukan antara hotel dan PB PON XX dalam rangka untuk lebih memperkuat komunikasi, koordinasi dalam mendukung dan mensukseskan PON XX, tentu harus dibahas juga  hak dan kewajiban apa saja yang kami lakukan, begitu juga dengan PB PON, atau Sub PB PON kita akan tuangkan dalam MoU.  Ini sangat penting untuk kepastian bersama,”

“Saya  berharap, PON XX di Papua harus berjalan dengan sukses dan lancar, dapat dukungan dari masyarakat maupun semua pihak, bisa meningkatkan perekonomian di Papua, dan tentu ajang PON papua bisa meraih prestasi untuk para atletnya,”Pungkasnya

Aktifis Papua Benny Gurik

“Gubernur sudah menekankan ada beberapa sukses  dalam PON XX yaitu, sukses prestasi, sukses penyelengaraan, sukses admimstrasi, sukses ekonomi, dan lainya tapi  sampai H-100 ini kita lihat yang ada hanya sukses penyelengaraan saja dengan acara acara seremonial,”

“Sementara admimstrasi juga masih tarik menarik anggran dengan  sukses prestasi kita lihat banyak atlit banyak yang bermasalah soal hak – hak dan  kesejahteraaan, dan bagi Kabupaten Kota yang terima adminstrasi anggaran  harus menjadi perhatian serius mereka  soal sukses manfaat bagi ekonomi masyarakat sampai saat ini kami bingung  apa yang sudah di siapkan, misalnya, bagaimana konsep pemberdayaan ekonomi bagi orang asli dan kami takutkan sukses ini akan sulit dan terkesan ON tidak akan meningalkan jejak apa-apa bagi ekonomi Papua, PON ini harus memberikan dampak bagi  pertumbuhan Ekonomi,” (oel)

Ketua Umum Gerakan Pemuda Jayapura (GAPURA), Jeck Puraro

“PON di Papua ini akan dilaksanakan di Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke dan Kota Jayapura, sehingga untuk mensukseskan PON Papua ini, maka masyarakat adat di setiap daerah harus dilibatkan di dalamnya,”

“Perlu juga mengakomodir semua potensi pemuda yang ada di masing-masing daerah untuk bersama-sama dalam melakukan berbagai hal menjelang pelaksanaan, pelaksanaan sampai dengan berakhirnya PON,”(bet)

Masyarakat Nadio Gainardio

“Sebaiknya PON Harus dibatalkan, mengingat beberapa pertimbangan serius, seperti agar masih tingginya Covid-19 termasuk adanya ancaman Varian baru masuk ke Papua melalui pergelaran PON 2021 Papua, tatanan adat Tanah Papua sama sekali tidak membolehkan kita berpesta jika ada tokoh yang baru saja meninggal dunia dan belum jelasnya anggaran yang digunakan untuk PON Papua,”

Kaisar Mambri

“Optimis dari segi luncuran dana yang sangat besar, sewaktu selesai diaudit jangan lari atau sembunyi atau menggerakkan masa. Apa yang sekarang dilakukan paniti PON sudah pernah dilakukan ditempat lain dan ada yang ditangkap,”

Masyarakat Ika Setiyawan

“Optimis.PAPUA PASTI BISA. Saatnya tunjukkan ke seluruh Indonesia kalau PAPUA bisa berikan terbaik,bahkan jika perlu jadi ajang PON terbaik sepanjang sejarah. Penduduk yang ramah-ramah, alam yang mendukung dan indah. Semoga Tuhan memberikan kemudahan kepada pihak-pihak dan seluruh tim hingga waktu pelaksanaan tiba,”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *