Lakukan Vaksinasi dan Tingkatkan Kordinasi Demi Suksesnya PON

Lukas Enembe SIP. MH.(Dok Cepos)

M.Rifai Darus

JAYAPURA-Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe SIP. MH melalui Juru Bicanranya M. Rifai Darus mengharapkan agar Pemerintah Daerah setempat, Dinas Kesehatan, serta Pengurus Besar PON semakin memperkuat koordinasi berkaitan dengan penyelenggaraan PON. Upaya untuk mempercepat Vaksinasi Covid-19 utamanya terhadap penduduk sekitar venue PON dan masyarakat Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika serta Merauke harus dilakukan.

” Kita ingin Toh, masyarakat Papua dapat menikmati langsung megahnya Stadion Lukas Enembe beserta venue lainnya dalam atmosfer kompetisi yang sportif. Dinas Kesehatan Provinsi Papua juga sudah mulai bergerak dengan mendata masyarakat yang berdomisili dekat dengan venue pertandingan PON baik di Jayapura, Merauke, maupun di Mimika,”Ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Senin (21/6)

Menurutnya selain kepada masyarakat juga sangat penting untuk memastikan kesehatan dari seluruh atlit dan kontingen yang akan bertanding di Bumi Cenderawasih nanti. Dinkes Papua sudah memberikan pernyataan bahwa seluruh atlit dan staf yang mengikuti ajang PON wajib sudah diberikan Vaksinasi Covid-19. Artinya dalam jangka waktu kurang lebih dari 100 hari Kontingen dari seluruh Indonesia harus melaksanakan Vaksinasi terhadap 6.484 atlet yang akan berpartisipasi. Ini penting karena setiap atlet yang bertanding memiliki hak untuk tetap sehat dan terjaga dari Virus Covid-19 agar dapat mengerahkan kemampuan terbaiknya.

Gubernur Lukas Enembe juga berharap agar PON XX Papua nantinya dapat meningkatkan potensi pariwisata Papua. Karena memang ajang multievent ini merupakan bagian dari Sport Tourism yang dicanangkan dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata melalui event keolahragaan. Sejalan dengan itu Otoritas Jaksa Keuangan Provinsi Papua juga menyatakan bahwa PON ke XX di Papua dapat memicu geliat sektor pariwisata dan  bisnis kuliner lokal.  Bapak Lukas Enembe sangatlah semangat untuk memastikan PON XX berjalan lancar,  karena menurut beliau penyelenggaran PON tahun ini adalah penyelenggaraan yang bersejarah karena untuk pertama kalinya sejak Tahun 1948, Tuan Rumah PON dipercayakan kepada daerah di Indonesia Timur khususnya Papua. Serta menjadi spesial karena kita juga masih berlomba dengan penanganan Virus Covid-19.

Intinya, Pemprov Papua di bawah kepemimpinan Bapak Lukas Enembe berkomitmen terus berupaya agar persiapan PON XX segera rampung. Sejauh ini Venue yang sudah siap digunakan mencapai 29 Venue dari total 44 Venue yang tersebar di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika. Segala bentuk fasilitas penunjang juga terus disiapkan dalam rangka membuat nyaman para kontingen dari 33 Provinsi di Indonesia yang hadir. 100 Hari memang bukan waktu yang banyak, akan tetapi saya percaya Torang Bisa untuk mensukeskan PON ke – XX di Papua. Karena keberhasilan PON nanti bukan hanya menjadi simbol kemajuan masyarakat Papua, melainkan juga kemenangan Bangsa Indonesia dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Dirinya mencontohkan Euro 2021 yang berlangsung di 11 Kota besar negara-negara Eropa. UEFA selaku federasi Sepakbola di Eropa memastikan pagelaran 4 tahunan tersebut berjalan dengan sangat baik meskipun di tengah pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman. Bahkan pada pertandingan Hongaria melawan Portugal pada 15 Juni 2021 lalu, Stadion Puskaz Arena dipadati oleh 67.215 penonton. Pada pertandingan tersebut Portugal memang mampu menundukan Tuan Rumah dengan skor 3-0. Tetapi sesungguhnya saya melihat kemenangan bangsa Hongaria. Kemenangan yang mengirimkan sinyal optimisme kepada seluruh dunia untuk mengalahkan pandemi Covid-19.

“Kemenangan tersebut tidak didapatkan dengan mudah, pemerintah Hongaria secara serius mempercepat proses Vaksinasi Covid-19 kepada warganya. Dari jumlah total 9,8 Juta Jiwa penduduk, Hongaria sudah melakukan Vaksinasi terhadap 5,3 Juta warganya. Secara statistik artinya Hongaria telah memberikan Vaksin Covid-19 terhadap 54% warganya. Warga yang sudah divaksin pun diperbolehkan untuk beraktivitas sebagaimana mestinya, sehingga pada saat penyelenggaraan Euro 2021 suporter Tim Nasional Hungaria dapat memberikan dukungan maksimalnya di dalam stadion. Situasi inilah yang saya harapkan juga terjadi ajang Pekan Olahraga Nasional ke-XX di Papua nanti, bagaimana setiap arena dari cabang olahraga yang dipertandingkan dipenuhi oleh sorak sorai penonton dan kebahagiaan  penduduk lokal Papua dalam menyambut pesta olahraga milik Bangsa Indonesia,”Pungkasnya.(gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *