ASEAN Para Games Ditunda! Tidak Pengaruhi Peparnas Papua

Atlet Cabor Boccia NPC Papua saat melakukan latihan di Solo, Jawa Tengah beberapa hari lalu.(Erik / Cepos)

JAYAPURA-Pemerintah Vietnam telah mengajukan agar Sea Games dan ASEAN Para Games diundur, mengingat kasus Covid-19 di Negeri Naga Biru itu terus melonjak dalam beberapa pekan terakhir. Namun ASEAN Para Sport Federation (APSF) belum memutuskan apa-apa terkait nasib Sea Games dan ASEAN Para Games Vietnam.

Sea Games 2021 rencanya akan dilaksanakan pada 21 November – 2 Desember, dan akan disusul oleh ASEAN Para Games 2021. Pemerintah Vietnam dikabarkan meminta agar pesta olahraga se Asia Tenggara itu bisa digelar pada bulan Juli 2022.

Kemudian bagaimana dengan nasib Peparnas XVI Papua? Sekretaris I PB Peparnas, Timothius Matuan menegaskan, bahwa pengunduruan ASEAN Para Games Vietnam tidak akan berdampak besar bagi pelaksanaan Peparnas XVI Papua yang akan digelar pada 2-15 November 2021 mendatang.

“Sama sekali tidak mengganggu, PB Peparnas Papua tetap siap melaksakan Peparnas XVI Papua sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, yaitu pada 2-15 November 2021,” ungkap Timotius kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di Sekretariat PB Peparnas Papua, Senin (21/6).

Bahkan menurut Timotius, penundaan ASEAN Para Games ke tahun depan justru akan menguntungkan NPC Indonesia dari sisi rekrutan atlet. Sebab Timotius optimis, Peparnas XVI Papua akan mengorbitkan atlet-atlet yang potensial bagi NPC Indonesia nantinya.

“Peparnas XVI Papua ini dilaksanakan untuk tingkat internasional, saya rasa ada untungnya bagi kontingen Indonesia soal prestasi, kenapa? Karena kita bisa mendapatkan atlet NPC ini dari hasil Peparnas itu,” ujar Timotius.

Tapi Timotius menegaskan, bahwa pelaksanaan Peparnas XVI Papua tetap akan berlangsung sesuai jadwal, meski Sea Games dan ASEAN Para Games Vietnam ditunda hingga tahun 2022. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *