Saka Bhayangka Polsek Abepura Siap Turun Lapangan

Kapolsek Abepura, AKP Lintong Simanjuntak SH., MH ketika menanam bibit pohon diakhir pembayatan anggota Saka Bhayangkara Polsek Abepura yang dilakukan di Vihara, Skyland, Sabtu (19/6) lalu.((Gamel Cepos))

JAYAPURA  Setelah dilakukan pembayatan dengan bermalam di lokasi Vihara Jayapura, sebanyak 32 anggota Saka Bhayangkara Polsek Abepura kini siap diturunkan ke lapangan untuk membantu tugas – tugas kepolisian. Polsek  Abepura boleh tampil beda mengingat dari lima Polsek yang ada di wilayah Polres Jayapura Kota, nampaknya hanya Polsek Abepura yang memiliki Saka Bhayangkara. Tim atau satuan ini sendiri sebelumnya sempat vakum selama belasan tahun dan kini kembali dihidupkan.

“Kami senang karena Saka Bhayangkara ini sebelumnya sempat vakum cukup lama dan setelah kami berkoordinasi dengan Kapolres, kami  dipersilahkan untuk menghidupkan kembali dan kami pikir ini awal yang baik,” kata Kapolsek Abepura, AKP Lintong Simanjuntak SH., MH usai menyematkan tanda keanggotaan Saka Bhayangkara di Vihara, Sabtu (20/6). Dari tugas yang diemban kata Kapolsek, ada  empat krida yang dikuasai mulai dari krida lantas, krida tanggap darurat bencana, tindakan pertama pada lokasi tempat kejadian perkara  dan menyangkut unit lantas maupun binmas.

Anggota baru ini kata Lintong nantinya membantu tugas – tugas Polisi yang sifatnya ringan. “Ya semisal ada ibadah besar, mereka ini yang akan membantu kami di lapangan mengatur lalu lintas termasuk jika terjadi bencana alam mereka juga sudah diajarkan untuk bagaimana melakukan tindakan yang sifatnya urgent termasuk jika terjadi kejadian tertentu di sebuah lokasi,” katanya. Sementara setelah mengikuti proses pembayatan selama 1 hari para anggota Saka Bhayangkara ini mengakhiri kegiatan dengan melakukan penanaman pohon di lokasi Vihara didampingi salah satu room setempat. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *