Jacksen Berharap Sepakbola PON Orbitkan Talenta Muda

Boaz Solossa.(Erik / Cepos)

PON 2021 Papua

JAYAPURA – Cabang Sepakbola Papua di setiap ajang PON selalu menghadirkan pesepakbola handal bagi Papua. Banyak pemain profesional Papua diorbitkan dari ajang event olahraga nasional empat tahunan tersebut. Boaz Solossa, Ricardo Salampessy, Nelson Alom, Muhammad Tahir dan Israel Wamiauw merupakan lima pemain jebolan PON yang masih bermain bersama Persipura.

Pelatih kepala Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago kembali berharap sepakbola PON Papua yang sedang dibina oleh Eduard Ivakdalam kembali bisa menghadirkan pemain potensial. Pelatih asal Brasil itu sangat yakin, tradisi tersebut bisa kembali diulang oleh Eduard Ivadalam dan kawan-kawan.

Jacksen mengaku akan membuka pintu selebar-lebarnya bagi pemain yang dinilai menonjol saat PON nantinya. Apalagi saat ini, Jacksen lagi membangun proyeksi masa depan dengan mengorbitkan pemain-pemain muda dalam timnya.

“Sepakbola Papua selalu ada satu dua yang bisa gabung dengan tim kita ini (Persipura), kita punya Boaz, Ricardo, Gerald, Nelson dan Tahir. Selalu melahirkan peman-pemain bagus. Saya sangat berharap, dalam masa kita melakukan transisi generasi dan kalau di sana ada putra-putra terbaik sudah tentu saya sebagai pelatih menginginkan mereka menjadi bagian dari Persipura,” ungkap Jacksen Tiago, Minggu (20/6).

Meski belum pernah melihat secara langsung latihan sepakbola PON Papua, tapi pelatih berusia 53 tahun itu yakin sepakbola Papua akan melahirkan Boaz-boaz yang baru. Tapi Jacksen juga menyebutkan, bahwa dirinya sudah mendegar kabar soal kiper sepakbola PON Papua yang dianggap memiliki potensi besar.

“Saya tidak pernah lihat mereka main, sehingga tidak bisa berbicara banyak. Tapi saya tertarik posisi kiper, katanya kiper sangat bagu sekali informasi dari semua orang. Dan kita tahu, Persipura selama ini selalu kesulitan dengan kiper, dan jika ada kiper yang baik sudah pasti dia akan menjadi incaran saya jika saya masih ada di sini,” ujar Jacksen.

Jacksen juga berharap, saat pertandingan sepakbola PON XX Papua nantinya bisa disiarkan secara live. Pasalnya, ia menyebutkan akan memantau para pemain sepakbola Papua dalam pertandingan resmi.

“Persiapan yang mereka punya saat ini cukup lama dan ada peluang untuk melahirkan putra terbaik Papua itu sanga terbesar dan juara. Sehinggas saya berharap ada putra-putra dari sana yang bisa menjadi bagian dari tim kita,” ucap Jacksen.

“Dan jika PON sudah jalan, semoga saya punya kesempatan untuk menenton, mungkin ada siaran langsung, sudah pasti saya akan duduk untuk menonton mereka, dan mengamati semoga ada anak yang bisa kita bawa ke tim Persipura nanti,” pungkasnya. (eri/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *